Kompas TV klik360 cerita indonesia

Kisah Gifari Akbar, Pemulung yang Fotonya Viral Baca Al Quran di Emperan Toko

Jumat, 6 November 2020 | 17:31 WIB

GARUT, KOMPAS.TV – Viral Foto Muhammad Gifari Akbar, Seorang pemulung yang berteduh sambil membaca Al-Quran di pinggir trotoar di jalan Braga, Bandung.

Dia menjadi pemulung sejak putus sekolah kelas 4 SD, dan sudah berkeliling ke berbagai kota sambil mencari ibunya yang meninggalkannya dari bayi.

Ditemui di rumahnya di kampung Sodong, Kelurahan Muarasanding, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut.

Akbar menyebut baru beberapa hari ini datang dari Bandung dan berada di rumah ayahnya setelah diantarkan salah seorang dari Pesantren usai ditemukan di Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Foto akbar saat membaca Al-quran di pinggir trotoar disela-sela mencari barang bekas menjadi viral diunggah pertama kali oleh akun @awan_rozy di instagram.

Dalam keterangannya, foto itu diambil pada selasa 27 oktober 2020.

Dia berada di Bandung untuk mencari rongsokan dan sudah berkeliling ke berbagai kota seperti ke Bandung, Jakarta, Jawa bahkan Lampung sekaligus untuk mencari dan agar bisa bertemu ibu kandungnya.

Setiap pergi mencari rongsokan dia selalu membawa Al-quran karena selalu ingat pesan ayahnya untuk selalu membawa Al-quran.

Hal ini mengundang banyak perhatian berbagai pihak termasuk banyak pihak pengasuh pondok pesantren yang menawarkan pada Akbar untuk masuk pondok pesantren melanjutkan pendidikan formal sampai kuliah secara gratis.

Akbar mengatakan pekerjaan yang dilakoninya ini memang sudah berlangsung cukup lama.

Barang rongsokan itu dijual untuk kebutuhan makan, bahkan hasil dari mencari barang-barang bekas itu setiap harinya dia berikan pada sesama pemulung yang belum dapat makan.

Dia pun mengaku tak mengetahui sosok orang yang mengabadikan dirinya sedang mengaji.

Nnamun usai fotonya viral, banyak yang mencari tahu keberadaannya. Ditambahknya keinginannya untuk mendirikan pesantren dan memiliki harapan besar untuk bertemu ibu kandungnya yang hingga saat ini tak diketahui sosok ibu kandungnya.
 

Penulis : Theo Reza

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:09
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19