Kompas TV video cerita indonesia

Kisah Gifari Akbar, Pemulung yang Fotonya Viral Baca Al Quran di Emperan Toko

Kompas.tv - 6 November 2020, 17:31 WIB
Penulis : Theo Reza

GARUT, KOMPAS.TV – Viral Foto Muhammad Gifari Akbar, Seorang pemulung yang berteduh sambil membaca Al-Quran di pinggir trotoar di jalan Braga, Bandung.

Dia menjadi pemulung sejak putus sekolah kelas 4 SD, dan sudah berkeliling ke berbagai kota sambil mencari ibunya yang meninggalkannya dari bayi.

Ditemui di rumahnya di kampung Sodong, Kelurahan Muarasanding, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut.

Akbar menyebut baru beberapa hari ini datang dari Bandung dan berada di rumah ayahnya setelah diantarkan salah seorang dari Pesantren usai ditemukan di Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Foto akbar saat membaca Al-quran di pinggir trotoar disela-sela mencari barang bekas menjadi viral diunggah pertama kali oleh akun @awan_rozy di instagram.

Dalam keterangannya, foto itu diambil pada selasa 27 oktober 2020.

Dia berada di Bandung untuk mencari rongsokan dan sudah berkeliling ke berbagai kota seperti ke Bandung, Jakarta, Jawa bahkan Lampung sekaligus untuk mencari dan agar bisa bertemu ibu kandungnya.

Setiap pergi mencari rongsokan dia selalu membawa Al-quran karena selalu ingat pesan ayahnya untuk selalu membawa Al-quran.

Hal ini mengundang banyak perhatian berbagai pihak termasuk banyak pihak pengasuh pondok pesantren yang menawarkan pada Akbar untuk masuk pondok pesantren melanjutkan pendidikan formal sampai kuliah secara gratis.

Akbar mengatakan pekerjaan yang dilakoninya ini memang sudah berlangsung cukup lama.

Barang rongsokan itu dijual untuk kebutuhan makan, bahkan hasil dari mencari barang-barang bekas itu setiap harinya dia berikan pada sesama pemulung yang belum dapat makan.

Dia pun mengaku tak mengetahui sosok orang yang mengabadikan dirinya sedang mengaji.

Nnamun usai fotonya viral, banyak yang mencari tahu keberadaannya. Ditambahknya keinginannya untuk mendirikan pesantren dan memiliki harapan besar untuk bertemu ibu kandungnya yang hingga saat ini tak diketahui sosok ibu kandungnya.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x