Kompas TV internasional kompas dunia

Analisis Associated Press: Trump Menang Besar di Wilayah Dengan Kasus Corona Tinggi

Kompas.tv - 6 November 2020, 05:49 WIB
analisis-associated-press-trump-menang-besar-di-wilayah-dengan-kasus-corona-tinggi
Pemilu di tengah pandemi membuat warga Amerika Serikat harus mengenakan masker saat memberikan suara dan menjaga jarak sosial. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu

 

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Analisis dari Associated Press menemukan fakta yang menarik selama gelaran pemilu 2020 di Amerika Serikat. Analisis ini menunjukkan bahwa Trump mendapatkan dukungan yang sangat besar, di wilayah-wilayah dimana virus corona merajalela.

Analisis dari Associated Press mengungkapkan, dari 376 wilayah dengan jumlah kasus Covid-19 tertinggi, 93% dari wilayah tersebut memilih Trump. Dimana sebagian besar dari wilayah tersebut adalah perdesaan di Montana, Dakota, Nebraska, Kansas, Iowa dan Wisconsin.

Namun analisis ini terbatas pada negara bagian yang telah melaporkan hasil pemilu dan mengelompokkannya ke dalam enam kategori, berdasarkan tingkat kasus Covid-19 yang mereka alami per 100.000 penduduk.

Jajak pendapat juga menunjukkan, pemilih dengan pilihan presiden berbeda, juga memiliki pendapat yang berbeda tentang pengendalian pandemi oleh pemerintah.

Baca Juga: Pemilu di Tengah Pandemi Tak Mudah, AS Hadapi Banyak Kendala

Tiga puluh enam persen pemilih Trump menggambarkan pandemi telah terkendali, sedangkan 47% lainnya mengatakan pandemi agak terkendali. Sementara itu, 82% pemilih Biden mengatakan pandemi sama sekali tidak terkendali.

Pandemi dianggap terkendali oleh pemilih di banyak negara bagian pemilih Trump, yaitu Alabama (60%), Missouri (54%), Mississippi (58%), Kentucky (55%), Texas (55%), Tennessee (56%) dan South Carolina (56%).

Di Wisconsin, di mana virus melonjak sebelum pemilihan, 57% mengatakan pandemi tidak terkendali. Di negara bagian Washington, di mana virus lebih terkendali sekarang dibandingkan dengan awal tahun, 55% mengatakan hal yang sama.

Baca Juga: Tantangan Baru Bagi Penyelenggara Pemilu di Tengah Pandemi

Para pemilih Trump yang diwawancarai oleh wartawan AP mengatakan mereka menghargai kebebasan individu dan percaya presiden telah melakukan yang terbaik dalam menangani virus corona.

Michaela Lane, seorang Republikan berusia 25 tahun, memberikan surat suaranya di sebuah TPS di Phoenix. Dia memberikan suaranya untuk Trump.

“Saya merasa masalah terpenting yang dihadapi negara ini secara keseluruhan adalah kebebasan yang luas,” kata Lane. “Melanggar kebebasan rakyat dan aturan pemerintah yang terlalu banyak akan menyebabkan kekacauan dalam masyarakat. Kita harus mengembalikan hak-hak rakyat,” ujarnya.

Baca Juga: Biden Terlihat Percaya Diri dan Mengatakan: Saya Merasa Sangat Baik

Sekitar setengah dari pemilih Trump menyebut ekonomi dan pekerjaan sebagai masalah utama yang dihadapi AS saat ini. Sebaliknya, mayoritas pemilih Biden mengatakan pandemi Covid-19 adalah masalah paling penting.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x