Kompas TV regional peristiwa

Sungai Krueng Langsa Aceh Meluap, 722 Rumah Terendam

Kompas.tv - 5 November 2020, 19:56 WIB
sungai-krueng-langsa-aceh-meluap-722-rumah-terendam
Sebanyak 722 rumah di Kota Langsa, Aceh, terendam banjir. (Sumber: BNPB)

LANGSA, KOMPAS.TV - Terdata sebanyak 722 rumah di Kota Langsa terendam banjir. Hal ini dikarenakan meluapnya debit air Sungai Krueng Langsa, Aceh pada dini hari tadi.

Sungai Krueng Langsa meluap setelah hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi sejak Rabu (4/11/2020) mengguyur Kota Langsa.

Adapun 722 unit rumah warga yang terendam tersebut berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Langsa.

Data yang diperoleh dari Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Langsa, ratusan rumah yang terdampak tersebar di tiga kecamatan.

Baca Juga: Banjir Pasuruan Rendam 5 Desa, Sudah 4 Hari Berlangsung

Yakni, Kecamatan Langsa Kota tepatnya di Gampong Jawa, Kecamatan Langso Baro tepatnya di Gampong Geudubang. Kemudian Kecamatan Langsa Lama tepatnya di Gampong Pondok Pabrik, Gampong Sidodadi, Gampong Selalah Baru, dan Gampong Langso Baro.

Kondisi terakhir pada sore tadi, banjir masih merendam ratusan rumah tersebut dengan kisaran ketinggian 60 cm sampai dengan 120 cm.

Sebanyak 722 rumah di Kota Langsa, Aceh, terendam banjir karena luapan debit Sungai Krueng Langsa. (Sumber: BNPB)

"BPBD Kota Langsa telah menurunkan dua unit perahu karet di dua lokasi berbeda serta melakukan evakuasi korban banjir," tulis Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas TV, Kamis (5/11/2020).

Sementara itu, lanjut Raditya, Dinas Sosial Kota Langsa juga telah mendirikan dapur umum di Dusun Tanjung Putus, Gampong Jawa untuk menyuplai makanan kepada para korban terdampak.

Baca Juga: Rumah Warga dan Jalan Penghubung 4 Kecamatan Terendam Banjir

Tim BPBD yang berada di lokasi bencana juga terus melakukan edukasi kepada masyarakat agar selalu waspada bahaya bencana hidrometeorologi. Pasalnya, wilayah Aceh kerap kali diguyur hujan dengan intensitas tinggi dan disertai angin kencang.

Dalam situs resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah memberikan peringatan dini tiga harian untuk hari Kamis (5/11/2020) hingga Sabtu (7/11/2020) untuk wilayah Provinsi Aceh.

Peringatan waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, dapat disertai angin kencang dan petir untuk wilayah Aceh Tamiang, Bener Meriah, Aceh Tengah, Tangse, Pidie Jaya, Aceh Tenggara, Gayo Lues, Subulussalam, Aceh Besar, Langsa dan sekitarnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x