Kompas TV regional berita daerah

Pelatihan Pembuatan Tepung Ikan di tengah Pandemi

Kompas.tv - 5 November 2020, 19:25 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Pandemi corona membuat sebagian besar masyarakat menjadi bingung untuk beraktivitas dengan cara seperti apa, namun tidak bagi para nelayan di pulau doom kota sorong. Mereka memanfaatkan waktu dengan belajar pembuatan tepung dari limbah ikan yang sudah tidak lagi dipergunakan.

Dengan tetap menjalankan protokol kesehatan para nelayan ini tekun membuat tepung dari limbah ikan, tentunya dengan menggunakan mesin penggilingan yang diberikan kepada mereka sebagai bentuk pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Pertamanya limbah ikan yang sudah tidak terpakai lagi akan dikeringkan kemudian dimasukan pada mesin penggilingan, setelah itu akan digiling hingga halus. Hasilnya nanti akan dijemur untuk dipergunakan sesuai kebutuhan.

Tidak hanya limbah ikan, namun dalam pelatihan ini warga diajarkan membuat tepung dari bahan dasar kacang kedelai. Prosesnya sama yaitu dengan proses penggilingan.

Kegiatan positif ini sangat baik karena memberikan pengetahuan bagi mereka yang notaben hampir sebagian besar merupakan nelayan pesisir, yang tidak dapat memanfaatkan hasil tangkapan ikan selain menjual hingga habis. Kedepannya warga akan memanfaatkan pelatihan ini untuk meningkatkan ekonomi keluarga. 

#SorongPapuaBarat #Covid19 #PelatihanPembuatanTepung



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.