Kompas TV internasional kompas dunia

Aplikasi TikTok Hapus Video Berisi Informasi Salah Tentang Pilpres AS

Kompas.tv - 5 November 2020, 16:08 WIB
aplikasi-tiktok-hapus-video-berisi-informasi-salah-tentang-pilpres-as
Aplikasi TikTok (Sumber: The Verge)
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Aplikasi populer TikTok menghapus video yang disinyalir menyebarkan informasi yang salah tentang Pemilu Amerika Serikat (AS) yang diunggah dua akun pendukung Partai Republik.

Dua akun tersebut yakni The Republican Hype House dan The Republican Boys. Pengumuman penghapusan video dari dua akun itu disampaikan TikTok via akunnya di Twitter, @tiktok_comms, pada Kamis (5/11/2020).

Penghapusan video dilakukan TikTok setelah ada laporan dari akun Twitter @TaylorLorenz. Akun yang dimiliki reporter The New York Times itu mengunggah twit bahwa The Republican Hype House dan Republican Boys di TikTok menyebarkan misinformasi berbahaya yang mengklaim "penipuan pemilu" yang tidak memiliki bukti.

Dua akun itu mempromosikan teori konspirasi kepada jutaan orang muda di TikTok. Satu jam kemudian, akun @TaylorLorenz kembali menulis twit menyatakan bahwa TikTok sudah menghapus video awal, tetapi akun Republican Boys masih aktif.

"Mereka baru saja mem-posting video lain yang menyebarkan konspirasi penipuan pemilih yang sama. Video baru ini telah ditonton ribuan kali," tulis akun @TaylorLorenz.  

Tidak berapa lama, akun TikTok di Twitter, @tiktok_comms, memberikan tanggapan. Menurut TikTok, video-video yang dipermasalahkan telah dihapus karena melanggar kebijakan TikTok atas informasi yang menyesatkan.

Baca Juga: Indonesia Harus Jeli Antisipasi Arah Kebijakan Politik Luar Negeri Menyikapi Pemenang Pilpres AS



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.