Kompas TV nasional peristiwa

Kronologi Pemuda Islam Borong Produk Perancis Lalu Dibakar Bersama Poster Macron

Kompas.tv - 5 November 2020, 12:49 WIB
kronologi-pemuda-islam-borong-produk-perancis-lalu-dibakar-bersama-poster-macron
Ilustrasi belanja di minimarket (Sumber: Pixabay.com)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Sekelompok massa dari Gerakan Pemuda Islam (GPI) melakukan sweeping di sebuah minimarket di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Dalam aksinya, mereka memborong produk-produk dari Perancis. Setelah barang-barang tersebut dibayar di kasir, mereka membuangnya di depan minimarket tersebut.

Selain dibuang, mereka juga membakar produk-produk tersebut. Termasuk poster wajah Presiden Perancis Emmanuel Macron juga turut dibakar massa.

Baca Juga: Lakukan Boikot, Mini Market di Banjarmasin Hentikan Penjualan Produk Prancis

Kanit Reskrim Polsek Menteng, Kompol Gozali, menjelaskan kronologi peristiwa yang terjadi pada Selasa (3/11/2020) itu.

Berawal, ketika sejumlah anggota GPI menyambangi minimarket untuk mencari produk-produk asal Prancis pada pukul 13.55 WIB.

"Lantas saudara Diko Nugraha dan teman-temannya mengunjungi toko Indomaret di Jalan Johar Menteng untuk membeli produk Prancis," kata Gozali di Jakarta Kamis (5/11/2020).

Setelah membeli produk-produk tersebut, sebagian produk ada yang dibuang dan sebagian lainnya mereka bawa ke halaman Komplek Menteng Raya 58 untuk melakukan aksi pembakaran.

Baca Juga: PP Muhammadiyah Kecam Pernyataan Presiden Perancis Macron

Adapun sejumlah produk yang mereka beli dari minimarket tersebut antara lain air mineral, biskuit, susu, dan sebagainya.

Selanjutnya, kata Kompol Gozali, aksi pembakaran baru dilakukan oleh Diko Nugroho dan rekan-rekannya pada pukul 14.17 WIB.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x