Kompas TV regional berita daerah

Jogo Tonggo Desa Trisobo Efektif Tekan Penyebaran Covid-19

Kompas.tv - 5 November 2020, 11:16 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KENDAL, KOMPAS.TV - Kabupaten Kendal merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang berstatus zona merah penyebaran Covid-19. Hingga Oktober 2020, tercatat jumlah pasien yang terkonfirmasi terpapar Covid-19 mencapai 493 orang. Namun upaya untuk pencegahan terus diupayakan tak hanya oleh Pemerintah Daerah setempat, namun juga peran aktif warga desa lewat program jogo tonggo, seperti yang dilakukan oleh warga Desa Trisobo di Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah Daerah setempat untuk menekan penyebaran virus berbahaya tersebut. Salah satunya adalah penerapan jogo tonggo di seluruh desa di Kabupaten Kendal. Seperti di Desa Trisobo, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal ini misalnya, sejak Covid-19 menjadi pandemi di Indonesia awal tahun 2020, desa yang berdekatan dengan Kota Semarang ini menjadi salah satu desa yang pro aktif melakukan pencegahan dan sosialisasi kepada masyarakat.

Program jogo tonggo yang dicanangkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo langsung direspon dengan membentuk relawan jogo tonggo yang terdiri dari berbagai unsur masyarakat desa. Salah satu relawan yang menjadi motor penggerak jogo tonggo di Desa Trisobo adalah Ibaning Suprapti. Sebagai ibu rumah tangga, dirinya tidak pernah melalaikan tugasnya di rumah sebagai seorang istri. Begitu urusan di rumah telah selesai, ibu dua orang anak ini langsung melanjutkan aktivitasnya sebagai kordinator perempuan relawan Covid- 19.

Bersama belasan ibu–ibu desa lain, berbagai kegiatan pencegahan secara konsisten dilakukan agar Desa Trisobo terhindar dari penyebaran Covid-19, seperti penanaman sayuran dan tanaman herbal sebagai lumbung pangan desa, pembagian sayuran gratis, hingga pemberian jamu herbal gratis bagi untuk menjaga imunitas warga desa sekaligus sosialisasi 3 M.

Solidaritas masyarakat desa untuk saling mambantu warga yang berdampak Covid-19 begitu tinggi. Bantuan sembako yang diamanahkan, langsung didistribusikan ke warga langsung. Kondisi medan yang terjal dan berbatu tidak menjadi halangan untuk berbagi kepada sesama.

Kerja keras dan konsistensi relawan jogo tonggo begitu dirasakan Pemerintah Desa Trisobo. Keberadaan relawan jogo tonggo semakin memudahkan pemerintah desa melaksanakan berbagai program khususnya untuk melindungi warga desa dari penyebaran Covid-19. Kolaborasi pemerintah desa dan relawan jogo tonggo terbukti ampuh menekan dan mencegah penyebaran Covid-19 di Desa Trisobo.

Kolaborasi, pengabdian, kepedulian dan gotong royong terbukti ampuh menghadapi pandemi Covid-19 yang efeknya telah menyebar begitu luas. Harapannya pandemi bisa segera berakhir dan kesehatan dan ekonomi masyarakat kembali bergeliat.

#Covid19 #JogoTonggo #Kendal

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x