Kompas TV nasional hukum

Komnas HAM Serahkan Hasil Investigasi Kematian Pendeta Yeremia, Mahfud: Hasilnya Sama Seperti TGPF

Kompas.tv - 4 November 2020, 21:46 WIB
komnas-ham-serahkan-hasil-investigasi-kematian-pendeta-yeremia-mahfud-hasilnya-sama-seperti-tgpf
Menkopolhukam Mahfud MD bersama Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik (Kanan) memberikan keterangan mengenai hasil investigasi Komnas HAM atas kematian Pendeta Yeremia Yeremia Zanambani di Distrik Hitadipa, Intan Jaya, Papua. (Sumber: YouTube Kemenko Polhukam)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menkopolhukam Mahfud MD telah menerima hasil investigasi yang diakukan Komnas HAM terkait kematian Pendeta Yeremia Zanambani di Distrik Hitadipa, Intan Jaya, Papua.

Mahfud menilai temuan dari tim investigasi Komnas HAM sama dengan hasil Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) Intan Jaya. Seperti upaya penegakan perlindungan HAM di Papua, peristiwa kekerasan di Intan Jaya.

Meski ada persamaan, Mahfud mengakui ada beberapa perbedaan temuan Komnas HAM dan TGPF Intan Jaya.

Baca Juga: Fakta Temuan Komnas HAM Terkait Kematian Pendeta Yeremia Zanambani

"Yang beda-beda dikit, soal sudut pandangnya dan segi-segi teknisnya, tapi secara prinsip sama," ujar Mahfud usai menerima Komnas HAM di Kemenko Polhukam, Rabu (4/11/2020).

Mahfud menambahkan hasil investigasi Komnas HAM akan diserahkan ke Presiden Joko Widodo seperti halnya temuan dari TGPF Intan Jaya.

Ia juga memastikan pemerintah bakal mengambil langkah dalam menindaklanjuti temuan tim investigasi Komnas HAM melalui penegakan hukum.

Pemerintah, sambung Mahfud, tidak pandang bulu untuk menindak pihak yang diduga terlibat dalam kematian pendeta Yeremia Zanambani.

Baca Juga: Komnas HAM Sebut Pembunuh Pendeta Yeremia Oknum TNI Petinggi Koramil Hitadipa

"Kami akan mem-follow up sesuai jalur yang tersedia, penegakan hukum tanpa pandang bulu kepada siapapun," ujar Mahfud.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.