Kompas TV nasional hukum

Refly Harun Bantah "Pancing" Gus Nur Soal NU

Selasa, 3 November 2020 | 18:32 WIB
refly-harun-bantah-pancing-gus-nur-soal-nu
Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun. (Sumber: KOMPAS.com/Kristian Erdianto)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun membantah jika dirinya disebut sengaja 'memancing' Sugi Nur atau Gus Nur untuk mengeluarkan pernyataan yang dinilai menghina Nahdlatul Ulama (NU).

"Beliau bilang ditanya siapapun kalau soal itu dia kan jawabnya sama ya enggak ada yang salah. Salahnya di mana karena ketika orang lain nanya ya dia juga jawab yang sama kalau namanya mancing dia terjebak, itu mancing, kalau dia jawab hal yang sama yang bilang mancing itu bukan Sugi Nur," ujar Refly Harun di Mabes Polri pada Selasa (3/11/2020).

Baca Juga: Refly Harun: Saya Ditelepon Gus Nur Untuk Kolaborasi Youtube

Refly Harun memenuhi panggilan Bareskrim Polri untuk diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan ujaran kebencian dengan tersangka Sugi Nur.

Ia mengatakan dirinya diundang oleh pihak Sugi Nur untuk melakukan wawancara. Ia pun menyanggupi undangan wawancara tersebut.

Refly mengaku ditelepon Gus Nur pada pertengahan Oktober lalu.

"Saya itu ditelepon tanggal 12 Oktober oleh Gus Nur untuk ngajak yang namanya kolaborasi. Kenapa begitu? Ya saya kira apple to apple saja karena subscriber dia itu sudah 500 ribu lebih, saya juga 600 ribu. Jadi, dalam dunia per-YouTube-an biasa itu colab (kolaborasi) dan terjadilah interview itu," ungkap Refly pada wartawan.

Penulis : Sadryna Evanalia


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:29
SEJAK JANUARI 2021, POLDA METRO JAYA MENERIMA 10 LAPORAN POLISI & MENETAPKAN 15 TERSANGKA KASUS EKSPLOITASI ANAK   KEMENTERIAN PPPA MENGAPRESIASI UPAYA POLDA METRO JAYA DALAM MENGUNGKAP KASUS EKSPLOITASI ANAK   NOVEL BASWEDAN BERHARAP KAPOLRI BARU BISA UNGKAP KASUS PENYIRAMAN AIR KERAS TERHADAP DIRINYA   KOMPOLNAS DORONG POLISI PELAKU PENEMBAKAN DI CENGKARENG DIPIDANA DENGAN PASAL BERLAPIS   GUBERNUR ANIES BASWEDAN & RIDWAN KAMIL RAIH PENGHARGAAN TOKOH PEMBERDAYAAN 2020 DARI RUMAH ZAKAT   PEMDA YOGYAKARTA OPTIMISTIS SEKOLAH TATAP MUKA DAPAT DIGELAR PADA JULI 2021   PRESIDEN JOKOWI BERHARAP VAKSINASI COVID-19 KEPADA AWAK MEDIA DILAKSANAKAN DI SELURUH INDONESIA   PRESIDEN JOKOWI PANTAU KEGIATAN VAKSINASI COVID-19 TERHADAP AWAK MEDIA YANG BERLANGSUNG DI STADION GBK, JAKARTA   DIREKTUR ICJR ERASMUS NAPITUPULU MINTA PEMERINTAH PRIORITASKAN VAKSINASI PADA LAPAS DAN RUTAN YANG PADAT   PLT JUBIR KPK ALI FIKRI SEBUT PIHAKNYA TELAH MELAKUKAN VAKSINASI COVID-19 TERHADAP 39 TAHANAN KASUS KORUPSI   WAPRES MA'RUF AMIN TARGETKAN SEBANYAK 1 JUTA WARGA DISUNTIK VAKSIN COVID-19 PER HARI   SATGAS COVID-19: 10 KABUPATEN/KOTA DI INDONESIA MEMILIKI KASUS AKTIF COVID-19 TERTINGGI DI INDONESIA, SOLO PERTAMA   SATGAS COVID-19: HINGGA SAAT INI, 853.745 TENAGA KESEHATAN SUDAH DIVAKSINASI DOSIS KEDUA, 1.461.920 DOSIS PERTAMA   HINGGA 25 FEBRUARI 2021, KASUS COVID-19 DI INDONESIA MENCAPAI 1.314.634, 1.121.411 SEMBUH, DAN 35.518 MENINGGAL DUNIA