Kompas TV nasional berita kompas tv

Prabowo Hubungi Menhan Jepang, Bahas Apa?

Kompas.tv - 3 November 2020, 18:04 WIB
prabowo-hubungi-menhan-jepang-bahas-apa
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam unggahan foto di Instagramnya (25/9/2020) (Sumber: INSTAGRAM/ PRABOWO)
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melakukan video konferensi dengan Menteri Pertahanan Jepang Nobuo Kishi pada Senin, 2 November 2020.

Keduanya membahas keamanan regional negara masing-masing, bertukar pandangan kerjasama pertahanan bilateral dan pembahasan mengenai Laut China Selatan.

"Pada tanggal 2 November, DM Kishi mengadakan VTC dengan DM Prabowo dari Indonesia. Mereka bertukar pandangan tentang kerjasama pertahanan bilateral yang terus diperdalam, yang diwakili oleh pelatihan niat baik baru-baru ini di Laut Cina Selatan pada bulan Oktober," tulis Kementerian Pertahanan Jepang atau Japan Ministry of Defense di akun Twitternya (2/11/2020).

Baca Juga: Prabowo Bertemu Menhan Turki, Ini yang Dibahas

Selain itu Prabowo dan Kishi membahas keamanan regional termasuk Laut China Timur dan Laut China Selatan.

Keduanya menegaskan kembali pentingnya tatanan maritim yang bebas dan terbuka berdasarkan aturan hukum.

Menteri Kishi menyatakan bahwa Jepang menentang setiap upaya untuk mengubah status quo secara sepihak dengan paksaan atau kegiatan apapun yang meningkatkan ketegangan.

Baca Juga: Anak Yessi yang Viral Bisa Berjalan dengan Kaki Palsu Pemberian Menhan Prabowo Subianto

Dalam rilis yang disampaikan Kementerian Pertahanan Jepang melalui webiste resminya, Prabowo dan Menteri Kishi juga bertukar pandangan mengenai kerja sama alutsista dan teknologi.

Mereka sepakat mempromosikan kerja sama pertahanan dalam rangka pencegahan penyebaran penyakit menular, termasuk berbagi keahlian dan pembelajaran selama operasi bantuan bencana dan dampak pandemi Covid-19.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x