Kompas TV internasional kompas dunia

Kampanye Tanpa Limbah, Pemerintah Berlin Kelola Toko Barang Bekas

Kompas.tv - 3 November 2020, 16:45 WIB
kampanye-tanpa-limbah-pemerintah-berlin-kelola-toko-barang-bekas
Toko Barang Bekas di Berlin, B-Warenhaus (Sumber: kompas.id)
Penulis : Aleksandra Nugroho

BERLIN, KOMPAS.TV - Di Berlin, Ibu Kota Jerman, pemerintah negara bagian setempat membuka dan mengelola langsung, toko barang bekas di tengah sebuah department store.

Cara ini sebagai bagian dari kebijakan baru pemerintah tentang kampanye zero waste atau tanpa limbah , untuk kebaikan lingkungan.

Sebelum membeli yang baru, coba datang ke toko barang bekas , untuk mencari barang yang anda butuhkan.

Mulai dari pakaian, peralatan rumah, perkakas, dan lainnya, bisa anda lihat di toko barang bekas di Kota Berlin, Jerman.

Toko ini mungkin tidak memberikan wangi pakaian atau barang baru, tapi bukan berarti barang yang ditawarkan tidak berkualitas. Apalagi jika Anda melihat harga yang ditawarkan sangatlah jauh dari harga toko lain.

Dan menariknya, toko barang bekas yang dinamakan B-Warenhaus, yang diartikan sebagai barang lapis kedua, dimiliki dan dioperasikan oleh pemerintah negara bagian, Kota Berlin.

Toko ini , dibuat dengan tujuan untuk melindungi alam, lingkungan, dan membantu ekonomi warga.

Toko ini, memilki luas  600  meter persegi, dan berada persis di antara toko toko di dalam departemen store.

Pakaian, sepatu, dan barang lain, dikumpulkan di tempat-tempat pengumpulan yang sudah disiapkan pemerintah.

Untuk memilah dengan rapih, di pusat daur ulang ,sekarang terdapat pilihan untuk meletakkan pakaian dan barang di tempat khusus , di mana mereka akan digunakan kembali dan bukan didaur ulang.

Toko ini adalah salah satu langkah nyata dari kebijakan baru pemerintah , mengenai pengelolaan sampah untuk tahun 2020 hingga 2030.

Alih-alih berfokus pada daur ulang, pemerintah ingin mengubah kebiasaan masyarakat, dengan mengurangi sampah secara umum.

Toko ini, menurut rencana akan beroperasi selama enam bulan. Jika proyek berjalan dengan baik maka akan diperpanjang dan memungkinkan akan ada toko baru yang dibuka di daerah lain.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.