Kompas TV nasional sapa indonesia

Indonesia Kecam Pernyataan Presiden Prancis, Pengamat: Agama Dipolitisi Macron

Kompas.tv - 2 November 2020, 22:55 WIB
Penulis : Dea Davina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Indonesia sebagai salah satu negara dengan mayoritas umat muslim di dunia ikut protes keras atas pernyataan dan sikap Presiden Prancis, Emmanuel Macron yang dinilai telah melukai umat islam di seluruh dunia.

Sepanjang hari ini massa dari sejumlah Ormas Islam berunjuk rasa di depan Kedubes Prancis di Jakarta.

Para demonstran mengecam pernyataan Presiden Prancis, Emanuel Macron yang membela majalah Charlie Ebdo, penerbit karikatur Nabi Muhammad atas dalih kebebasan berekspresi.

Presiden Joko Widodo bahkan telah menyampaikan sikap resmi Indonesia yang mengecam keras pernyataan Presiden Prancis, Emmanuel Macron.

Menurut Jokowi, pernyataan Macron telah menghina Islam dan melukai umat Islam di seluruh dunia.

Majelas Ulama Indonesia, MUI, juga meminta Presiden Macron mencabut pernyataannya serta meminta maaf pada umat Islam.

Presiden Prancis, Emmanuel Macron pun angkat bicara terkait sikapnya yang memicu ketegangan antara Pemerintah Prancis dan mayoritas negara muslim dunia.

Umat muslim dunia marah karena pernyataan kontroversial Macron yang mengaitkan muslim dengan gerakan separatis setalah insiden yang menewaskan seorang guru di Utara Prancis karena menunjukkan kartun Nabi Muhammad saat mengajar di kelas pada 16 Oktober lalu.

Kita bahas bersama Masduki Baidlowi, Jubir Wakil Presiden dan Pengamat Hubungan Internasional Universitas Padjajaran Bandung, Teuku Rezasyah, serta Hasibullah Sastrawi Pengamat Politik Timur Tengah dan Dunia Islam.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.