Kompas TV nasional kompas siang

Gelombang Unjuk Rasa Umat Muslim Sedunia Mengecam Sikap Presiden Macron

Senin, 2 November 2020 | 12:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sadar dunia meradang atas pembelaan Perancis terhadap karikatur Nabi Muhammad, Presiden Perancis, Emmanuel Macron, memberikan penjelasan.

Namun, Presiden Joko Widodo, mengecam sikap Macron, yang dinilai menghina Agama Islam dan telah melukai umat Islam di seluruh dunia. Sikap Perancis pun, dibalas dunia dengan protes, kecaman, hingga boikot produk.

Kontroversi karikatur Nabi Muhammad di Perancis, memicu gelombang unjuk rasa umat Muslim sedunia.

Di Israel, Pakistan hingga Bangladesh, umat Muslim turun ke jalan, mengecam pernyataan Presiden Perancis, yang membela kebebasan majalah Satir Charlie Hebdo, dengan konten-kontennya yang anti-religius, dan kerap kali menyinggung publik karena melecehkan agama.

Umat Muslim dunia marah, karena pernyataan kontroversial Macron, yang mengaitkan muslim dengan gerakan separatis, setelah insiden pembunuhan seorang guru di Nice, yang sempat mempertunjukkan karikatur Nabi Muhammad dan membahasnya bersama murid-murid di kelas kebebasan berekspresi.

Umat Islam semakin meradang, setelah Presiden Macron meminta karikatur Nabi Muhammad dipajang dan diproyeksikan di gedung-gedung pemerintahan sebagai sikap pembelaannya terhadap kebebasan berekspresi.

Seruan boikot produk perancis, juga menggema di negara-negara Muslim, seperti yang terjadi di Turki, dan Jordania. Produk-produk buatan perancis, ditarik dari rak-rak di pasar-pasar swalayan.

Untuk meredakan tensi kemarahan terhadap Perancis, Presiden Perancis, emmanuel macron pun, memberikan penjelasan, lewat wawancara, yang disiarkan Al-Jazeera, Sabtu lalu. 

 
 

Penulis : Merlion Gusti


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:36
SEJAK JANUARI 2021, POLDA METRO JAYA MENERIMA 10 LAPORAN POLISI & MENETAPKAN 15 TERSANGKA KASUS EKSPLOITASI ANAK   KEMENTERIAN PPPA MENGAPRESIASI UPAYA POLDA METRO JAYA DALAM MENGUNGKAP KASUS EKSPLOITASI ANAK   NOVEL BASWEDAN BERHARAP KAPOLRI BARU BISA UNGKAP KASUS PENYIRAMAN AIR KERAS TERHADAP DIRINYA   KOMPOLNAS DORONG POLISI PELAKU PENEMBAKAN DI CENGKARENG DIPIDANA DENGAN PASAL BERLAPIS   GUBERNUR ANIES BASWEDAN & RIDWAN KAMIL RAIH PENGHARGAAN TOKOH PEMBERDAYAAN 2020 DARI RUMAH ZAKAT   PEMDA YOGYAKARTA OPTIMISTIS SEKOLAH TATAP MUKA DAPAT DIGELAR PADA JULI 2021   PRESIDEN JOKOWI BERHARAP VAKSINASI COVID-19 KEPADA AWAK MEDIA DILAKSANAKAN DI SELURUH INDONESIA   PRESIDEN JOKOWI PANTAU KEGIATAN VAKSINASI COVID-19 TERHADAP AWAK MEDIA YANG BERLANGSUNG DI STADION GBK, JAKARTA   DIREKTUR ICJR ERASMUS NAPITUPULU MINTA PEMERINTAH PRIORITASKAN VAKSINASI PADA LAPAS DAN RUTAN YANG PADAT   PLT JUBIR KPK ALI FIKRI SEBUT PIHAKNYA TELAH MELAKUKAN VAKSINASI COVID-19 TERHADAP 39 TAHANAN KASUS KORUPSI   WAPRES MA'RUF AMIN TARGETKAN SEBANYAK 1 JUTA WARGA DISUNTIK VAKSIN COVID-19 PER HARI   SATGAS COVID-19: 10 KABUPATEN/KOTA DI INDONESIA MEMILIKI KASUS AKTIF COVID-19 TERTINGGI DI INDONESIA, SOLO PERTAMA   SATGAS COVID-19: HINGGA SAAT INI, 853.745 TENAGA KESEHATAN SUDAH DIVAKSINASI DOSIS KEDUA, 1.461.920 DOSIS PERTAMA   HINGGA 25 FEBRUARI 2021, KASUS COVID-19 DI INDONESIA MENCAPAI 1.314.634, 1.121.411 SEMBUH, DAN 35.518 MENINGGAL DUNIA