Kompas TV nasional kompas siang

Demo Kecam Sikap Presiden Perancis Soal Kartun Nabi

Senin, 2 November 2020 | 12:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Seribu personel gabungan TNI-Polri disiapkan untuk mengawal unjuk rasa di depan Kedubes Perancis di Jakarta.

Unjuk rasa ini terkait pernyataan dan sikap Presiden Perancis, Emmanuel Macron, yang dinilai telah melukai umat Islam.

Selain menyiapkan seribu personel, sejumlah kendaraan taktis juga sudah berjaga di sekitar kedutaan besar perancis di Jakarta.

Sejumlah ruas jalan pun ditutup, dan diberlakukan rekayasa lalu lintas.

Warga pengguna jalan diimbau agar menghindari kawasan Sudirman-Thamrin.

Sadar dunia meradang atas pembelaan Perancis terhadap karikatur Nabi Muhammad, Presiden Perancis, Emmanuel Macron, memberikan penjelasan.

Namun, Presiden Joko Widodo, mengecam sikap Macron, yang dinilai menghina Agama Islam dan telah melukai umat Islam di seluruh dunia. Sikap Perancis pun, dibalas dunia dengan protes, kecaman, hingga boikot produk.

Kontroversi karikatur Nabi Muhammad di Perancis, memicu gelombang unjuk rasa umat Muslim sedunia.

Di Israel, Pakistan hingga Bangladesh, umat Muslim turun ke jalan, mengecam pernyataan Presiden Perancis, yang membela kebebasan majalah Satir Charlie Hebdo, dengan konten-kontennya yang anti-religius, dan kerap kali menyinggung publik karena melecehkan agama.

Umat Muslim dunia marah, karena pernyataan kontroversial Macron, yang mengaitkan muslim dengan gerakan separatis, setelah insiden pembunuhan seorang guru di Nice, yang sempat mempertunjukkan karikatur Nabi Muhammad dan membahasnya bersama murid-murid di kelas kebebasan berekspresi.

Umat Islam semakin meradang, setelah Presiden Macron meminta karikatur Nabi Muhammad dipajang dan diproyeksikan di gedung-gedung pemerintahan sebagai sikap pembelaannya terhadap kebebasan berekspresi.

 
 

Penulis : Merlion Gusti


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:50
GUNUNG API SINABUNG DI KARO, SUMUT, KEMBALI TUNJUKKAN AKTIVITAS TINGGI, WARGA DIIMBAU TAK MEMASUKI ZONA MERAH   STOK BERKURANG AKIBAT MUSIM HUJAN, HARGA CABAI DI MALANG, JAWA TIMUR, NAIK DARI RP 90.000 MENJADI RP 12.000 PER KG   KORBAN KERACUNAN MASSAL YANG DIDUGA DARI NASI BOKS SAAT ACARA PENGAJIAN DI SUKABUMI BERTAMBAH MENJADI 54 ORANG   VAKSIN YANG TIBA DI BANDARA SOEKARNO-HATTA HARI INI BERJUMLAH 10 JUTA DOSIS VAKSIN SINOVAC ASAL TIONGKOK   SIANG INI, INDONESIA KEMBALI KEDATANGAN VAKSIN COVID-19 TAHAP KELIMA MELALUI BANDARA SOEKARNO-HATTA   PEMKOT TANGERANG SELATAN SEDIAKAN 700 DOSIS VAKSIN BAGI PESERTA YANG SUDAH TERDAFTAR DI AULA BALAI KOTA   HARI INI MERUPAKAN HARI PERTAMA PEMKOT TANGERANG SELATAN, BANTEN, LAKUKAN VAKSINASI TAHAP KEDUA    IZINKAN SISWA BELAJAR TATAP MUKA DI TENGAH PANDEMI, WALI KOTA MOJOKERTO BATASI JUMLAH SISWA MAKSIMAL 50 PERSEN   LEBIH DARI 20.000 SISWA SD DAN SMP DI PEMKOT MOJOKERTO SUDAH DIIZINKAN BELAJAR TATAP MUKA DI TENGAH PANDEMI COVID-19   800 PETAK MAKAM DI LAHAN TAMBAHAN YANG DIBUKA DI TPU BAMBU APUS, CIPAYUNG, JAKTIM, SUDAH HABIS TERPAKAI   SETAHUN PANDEMI, PEMKOT MALANG SECARA TOTAL TELAH MEMAKAMKAN 1.063 JENAZAH PASIEN COVID-19   SETAHUN DILANDA PANDEMI, SUDAH 36.325 ORANG RAKYAT INDONESIA MENINGGAL DUNIA AKIBAT COVID-19   HARI INI, TEPAT SATU TAHUN PEMERINTAH UMUMKAN KASUS PERTAMA COVID-19 DI INDONESIA   TIM DENSUS 88 ANTITEROR POLRI KEMBALI MENANGKAP SEORANG TERDUGA TERORIS DI SURABAYA, JATIM