Kompas TV video cerita indonesia

DKI Jakarta Jadi Kota Terbaik di Dunia, Pengamat: Ini Tak Hanya Milik Anies Semata

Kompas.tv - 31 Oktober 2020, 21:10 WIB
Penulis : Theo Reza

JAKARTA, KOMPAS TV – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sampaikan DKI Jakarta baru saja terpilih sebagai kota terbaik di dunia dalam Sustainable Transport Award (STA) 2021.

Penghargaan tersebut diberikan kepada kota maju di sistem transportasi publik dan mobilitas sebuah kota.

Kemenangan Jakarta tersebut diumumkan pada acara Mobilize Virtual Summit 2020 pada Jumat (30/10/2020) malam.

Jakarta mengalahkan puluhan kota besar dunia lainnya seperti Auckland, Bogota, Buenos Aires, Charlotte, Frankfurt, Moscow, San Francisco, dan Sao Paulo.

"Dalam setahun terakhir jajaran Pemprov DKI, BUMD, dan para pemangku kepentingan transportasi Jakarta dinilai berhasil menghadirkan berbagai inovasi untuk meningkatkan mutu transportasi di Jakarta," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dikutip dari Kompas.com pada Sabtu (31/10/2020).

Anies menyebutkan, STA 2021 adalah kemenangan warga Jakarta karena tak lepas dari kolaborasi dengan warga, pegiat transportasi untuk desain wayfinding, inovasi bus listrik, dan mikrotrans AC.

Menurut Pengamat Transportasi Djoko Setijowarna menjelaskan keberhasilan Pemprov DKI Jakarta membangun kota tidak lepas dari peran Gubernur terdahulu yang sudah komitmen menciptakan suatu skema di masa depan.

Skema yang dimaksud adalah perencanaan Transportasi jangka panjang sampai 20 tahun ke depan dimana membangun suatu sistem satu transportasi yang terkoneksi ke seluruh wilayah.

Konektivitas Antar Moda Transportasi juga penting agar bisa menjangkau wilayah atau area yang padat penduduk dalam artian masyarakat bisa pergi ke seluruh wilayah.

Djoko mengatakan keberhasilan ini tak hanya milik Anies Baswedan semata, Tapi juga pemimpin DKI Jakarta sebelumnya.

Penghargaan Sustainable Transportation Award ini bisa menjadi modal baru membangun Jakarta lebih baik lagi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x