Kompas TV nasional berita kompas tv

Mulai 1 November 2020 Peserta BPJS Kesehatan Harus Registrasi Ulang

Sabtu, 31 Oktober 2020 | 16:35 WIB
mulai-1-november-2020-peserta-bpjs-kesehatan-harus-registrasi-ulang
Ilustrasi BPJS Kesehatan dan Kartu Indonesia Sehat (Sumber: tribunnews)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mulai 1 November 2020, peserta BPJS segmen Pekerja Penerima Upah Penyelenggara Negara (PPU PN) dan Bukan Pekerja (BP) perlu meregistrasikan ulang kepesertaan mereka.

Kebijakan ini menyusul adanya Program Registrasi Ulang (GILANG) bagi sebagian peserta JKN-KIS dari segmen Pekerja Penerima Upah Penyelenggara Negara (PPU PN) dan Bukan Pekerja (BP), oleh BPJS Kesehatan.

Program ini digelar dalam rangka menindaklanjuti rekomendasi KPK, hasil audit BPKP tahun buku 2018, dan hasil rapat bersama kementerian/lembaga.

BPJS Kesehatan memberikan kesempatan kepada masyarakat melakukan pembaruan data apabila pada kartu KIS belum terisi data Nomor Induk Kependudukan (NIK), atau sudah terisi namun belum sesuai dengan KTP atau belum terdaftar di Dukcapil Kemendagri.

Menurut Kepala Humas BPJS Kesehatan M. Iqbal Anas Ma'ruf, tidak semua peserta BPJS Kesehatan registrasi ulang, tapi hanya peserta JKN-KIS segmen PPU PN dan BP yang belum ada data NIK-nya.

"Jumlahnya (yang perlu registrasi) tidak banyak. Jika bisa menunjukkan e-KTP untuk update, langsung aktif saat itu," ujarnya.

Sebelum melakukan registrasi ulang, peserta JKN-KIS dapat mengecek status kepesertaannya melalui:

  • Aplikasi Mobile JKN Layanan informasi
  • Whatsapp (CHIKA) di nomor 08118750400
  • BPJS Kesehatan Care Center 1500 400
  • Petugas BPJS SATU! yang ada di rumah sakit
  • Aplikasi JAGA KPK

Penulis : Laura Elvina

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:50
HUT PSI KE-6, PRESIDEN JOKOWI: INDONESIA BUTUH LEBIH BANYAK ANAK MUDA BERANI DAN GESIT UNTUK BERSAING DI ERA GLOBAL   PRESIDEN JOKOWI BERI SAMBUTAN SECARA VIRTUAL DI HUT PARTAI SOLIDARITAS INDONESIA (PSI) KE-6 PADA 29 NOVEMBER 2020   POLDA METRO JAYA LAYANGKAN SURAT PEMANGGILAN TERHADAP PIMPINAN FPI RIZIEQ SHIHAB TERKAIT KERUMUNAN DI PETAMBURAN   POSITIF COVID-19, WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA MENYATAKAN DALAM KONDISI STABIL DAN TENGAH JALANI ISOLASI MANDIRI   WAGUB DKI JAKARTA AHMAD RIZA PATRIA TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 DARI HASIL PEMERIKSAAN TES USAP   RIZIEQ SHIHAB DAN SEJUMLAH PEJABAT PEMKAB BOGOR AKAN DIMINTAI KETERANGAN TERKAIT KERUMUNAN DI MEGAMENDUNG   DITRESKRIMUM POLDA JABAR AKAN PANGGIL PIMPINAN FPI RIZIEQ SHIHAB DAN SEJUMLAH PEJABAT PEMKAB BOGOR PEKAN DEPAN   KEMENKES SEBUT TAMBAHAN KASUS COVID-19 HARIAN TERTINGGI HARI INI TERJADI DI JAWA TENGAH YAKNI SEBANYAK 2.036 ORANG   PULUHAN PELAJAR POSITIF COVID-19, SMP SWASTA JEPARA DI JATENG TERCATAT SEBAGAI KLASTER BARU PENYEBARAN KORONA   SEJUMLAH PEGAWAI POSITIF COVID-19, KBRI KUALA LUMPUR TUTUP SEMENTARA MULAI 30 NOVEMBER HINGGA 4 DESEMBER 2020   KOALISI JARINGAN MASYARAKAT SIPIL MINTA POLRI USUT TUNTAS KASUS PEMBUNUHAN EMPAT WARGA DI KABUPATEN SIGI, SULTENG   JUSUF KALLA: TERORISME ADALAH MUSUH BERSAMA, KITA HARUS LAWAN TANPA RASA TAKUT   KETUA DEWAN MASJID INDONESIA (DMI) JUSUF KALLA KECAM KERAS AKSI TERORISME YANG TERJADI DI POSO, SULTENG   KETUA DEWAN MASJID INDONESIA (DMI) JUSUF KALLA SAMPAIKAN BELASUNGKAWA KEPADA KORBAN AKSI TERORISME DI POSO, SULTENG