Kompas TV regional berita daerah

Operasi Zebra Semeru 2020, Polisi Sosialisasi Protokol Kesehatan

Kompas.tv - 31 Oktober 2020, 14:20 WIB
Penulis : KompasTV Jember

SUMENEP, JEMBER, MADIUN, KOMPAS.TV - Operasi zebra semeru tahun 2020 yang digelar oleh pihak kepolisian tidak hanya sosialisasi disiplin tertib berlalu lintas, namun juga protokol kesehatan covid-19. Bahkan dalam operasi tersebut, polisi membagikan beras dan masker dengan melibatkan kelompok difabel.

Salah satunya yang menggelar operasi zebra semeru 2020 adalah Polres Sumenep, Jawa Timur. Memasuki hari kelima operasi zebra, pihak polres setempat memberikan beras dan masker, khususnya kepada abang penarik becak.

Kapolres Sumenep, AKBP Darman, mengatakan bahwa mereka yang mendapat hadiah adalah pengendara yang taat lalu lintas dan mematuhi protokol kesehatan. Operasi zebra tidak menekankan pada penindakan hukum, melainkan sosialisasi edukatif dan partisipatif untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19.

Baca Juga: Melanggar Protokol Kesehatan, Karapan Sapi Dibubarkan dan Warga Tes Swab

Hal yang sama dilakukan oleh Polres Jember, Jawa Timur. Petugas juga menggelar operasi zebra 2020 dengan melibatkan kelompok pengendara disabilitas.

Kasatlantas Polres Jember, AKP Jimmy Heryanto Manurung, mengatakan bahwa selain sosialisasi tertib berlalu lintas, polisi dan kelompok difabel juga sosialisasi protokol kesehatan covid-19. Mereka juga membagikan paket bingkisan kepada pengendara yang memakai masker.

Baca Juga: Jelang Libur Panjang, Lokomotif Kereta Api Diperiksa

Kepolisian Resor Kota Madiun, Jawa Timur, juga melakukan hal yang sama. Pengendara yang tertib berlalu lintas diberi hadiah masker oleh polisi.

Kapolres Madiun, AKBP Bobby Aria Prakasa, mengatakan bahwa  dalam operasi tersebut polisi juga mengkampanyekan pentingnya disiplin protokol kesehatan saat berkendara guna memutus mata rantai penularan virus corona. Polisi juga membagikan sejumlah paket makanan kepada warga terdampak pandemi Covid-19.

Operasi zebra semeru 2020 digelar serentak di seluruh indonesia mulai 26 Oktober hingga 8 November 2020.

 

#OperasiZebra #PolisiLaluLintas #ProtokolKesehatan #Bagi-bagi Masker #Covid-19



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x