Kompas TV video cerita indonesia

Ini Alasan Ganjar Tetap Naikkan UMP Jawa Tengah Tahun 2021

Kompas.tv - 31 Oktober 2020, 13:43 WIB
Penulis : Laura Elvina

SEMARANG, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengumumkan kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) Jawa Tengah tahun 2021 sebesar 3,27 persen.

Kebijakan yang diumumkan Ganjar ini tidak sejalan dengan surat edaran Menteri Tenaga Kerja yang menyebutkan tidak ada kenaikan UMP tahun 2021.

Ganjar menyatakan, alasannya tetap menaikkan UMP 2021 untuk Jawa Tengah mengacu pada Peraturan Pemerintah 78 tahun 2015 tentang Pengupahan.

"Perlu saya sampaikan, bahwa UMP ini sesuai dengan PP 78 tahun 2015 tentang pengupahan yang mendasari pada pertumbuhan ekonomi dan inflasi. Dua hal ini yang coba kami pegang erat," terangnya.

Sebelum UMP ditetapkan, Ganjar sudah mengadakan pertemuan dengan Dewan Pengupahan, serikat buruh, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) terkait kenaikan UMP Jateng tahun 2021.

"Kami sudah menggelar rapat dengan berbagai pihak dan sudah mendengarkan masukan. Sudah kami tetapkan UMP Jateng tahun 2021 sebesar Rp 1.798.979,12," kata Ganjar di rumah dinasnya, Puri Gedeh, Jumat (30/10/2020).

UMP ini, lanjut Ganjar, akan berlaku untuk seluruh kabupaten dan kota di Jawa Tengah. Ganjar meminta seluruh kabupaten dan kota harus menjadikan pedoman UMP dalam penetapan UMK masing-masing.

"Mereka punya waktu sampai tanggal 21 November nanti untuk menyusun itu (UMK). Dan ini kalimatnya dapat, artinya bisa iya bisa tidak. Pengalaman di Jawa Tengah, selama ini kami tidak menggunakan UMP melainkan UMK," jelasnya.

Baca Juga: Kata Ganjar Anak Muda Itu Harus Contoh Susi Pudjiastuti - ROSI



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x