Kompas TV nasional sapa indonesia

Kontroversi Pernyataan Presiden Prancis hingga Dikecam Umat Muslim di Seluruh Dunia

Jumat, 30 Oktober 2020 | 23:55 WIB

KOMPAS.TV - Pemerintah Prancis meningkatkan level pengamanan ke level tertinggi pasca serangan yang terjadi di kota Nice dan menewaskan 3 orang.

Untuk mencegah serangan serupa, Prancis mengerahkan 7.000 tentaranya untuk menjaga sejumlah lokasi yang berpotensi menjadi sasaran penyerangan.

Pemerintah Prancis juga sempat meminta warganya untuk menghindari daerah di pusat kota pasca terjadinya serangan.

Insiden penikaman di Gereja Notre Dame, Basilica, Nice, Prancis, terjadi 2 pekan setelah insiden serupa, menewaskan seorang Guru di Utara Prancis karena menunjukkan kartun nabi muhammad saat mengajar di kelas, 16 Oktober lalu.

Presiden Prancis, Emmanuel Macron, menyatakan Prancis sedang diserang karena nilai-nilai kebebasan dan keinginannya untuk tidak menyerah pada teror.

Pernyataan Presiden Prancis Emanuel Macron yang dianggap menghina Islam mendapat kecaman dari berbagai belahan dunia, salah satunya Indonesia.

Kini dunia pun menyoroti penyataan Presiden Prancis Emmanuel Macron yang dinilai telah menghina islam.

Sebelumnya, Prancis mendapat sorotan tajam, karena menolak mengutuk penerbtan kartun Nabi Muhammad oleh Majalah Satire Perancis, Charlie Hebdo.

Selain itu, pernyataan Presiden Perancis, Emmanuel Macron, mengenai Islam yang dinilainya dalam keadaan krisis di seluruh dunia, seperti yang dilansir dalam Al Jazeera, memicu kemarahan negara-negara mayoritas muslim.

Pemerintah Indonesia lewat Kementerian Luar Negeri menyatakan telah memanggil Duta Besar Prancis untuk Indonesia Olivier Chambard pada selasa kemarin (27/10/2020).

PP Muhammadiyah mengecam sikap Presiden Perancis Emanuel Macron yang merendahkan umat muslim dan mengizinkan publikasi karikatur Nabi Muhammad.

PP Muhammadiyah meminta agar Macron menarik ucapannya dan meminta maaf pada umat muslim di dunia, karena tindakan dan sikapnya bisa menyulut permusuhan.

Tak hanya Muhammadiyah, PBNU juga mengecam keras pernyataan presiden perancis emanuel macron terkait karikatur Nabi Muhammad. PBNU meminta Perancis menghormati ajaran agama Islam serta hukum yang berlaku di suatu negara..

Terkait pandangannya soal Islam, legalisasi karikatur Nabi Muhammad sampai aksi teror yang terjadi di Prancis, simak dialog berikut bersama Pengamat Hubungan Internasional dari Universitas Jenderal Ahmad Yani. Hikmahanto Juwana.
 

Penulis : Anjani Nur Permatasari



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:27
PRESIDEN TERPILIH AS JOE BIDEN MENDAPAT IZIN PEMERINTAHAN TRUMP UNTUK MEMULAI TRANSISI KEKUASAAN DI GEDUNG PUTIH   DINKES: SEBANYAK 33 ORANG MENINGGAL DUNIA DI PROVINSI RIAU AKIBAT DBD   LEGENDA SEPAK BOLA DUNIA DIEGO MARADONA MENINGGAL DUNIA DI USIA 60 TAHUN AKIBAT SERANGAN JANTUNG   INOVASI LAYANAN PUBLIK KEMENTAN RAIH PENGHARGAAN SEBAGAI TOP 45 INOVASI PELAYANAN PUBLIK 2020 DARI KEMENPAN-RB   KEMENTAN MENDAPAT PENGANUGERAHAN BADAN PUBLIK PALING INFORMATIF DARI KOMISI INFORMASI PUSAT   KPU GOWA, SULAWESI SELATAN, TEMUKAN 7.000 LEBIH KERTAS SURAT SUARA PILKADA 2020 MENGALAMI KERUSAKAN   KPU BANGLI, BALI, TEMUKAN RIBUAN SURAT SUARA PILKADA 2020 RUSAK KARENA SOBEK, CETAKAN PUDAR, DAN TERKENA NODA TINTA   PROVINSI JAWA TENGAH SIAPKAN 2.708 TENAGA VAKSINATOR KORONA   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 1.988: 1.392 SEMBUH, 158 MENINGGAL DUNIA, DAN 438 DALAM PERAWATAN   POSITIF TERINFEKSI KORONA, BUPATI SITUBONDO DADANG WIGIARTO DIRAWAT DI RUANG ISOLASI RSUD ABDOER RAHEM   MENTERI AGAMA FACHRUL RAZI MINTA IBADAH NATAL TAHUN INI DISESUAIKAN DENGAN PROTOKOL KESEHATAN PENCEGAHAN COVID-19   GUBERNUR BANTEN WAHIDIN HALIM AKAN BUKA KEMBALI SEKOLAH UNTUK PEMBELAJARAN TATAP MUKA PADA JANUARI 2021   MK TEGASKAN ANGGOTA LEGISLATIF WAJIB MUNDUR DARI JABATANNYA JIKA DITETAPKAN SEBAGAI CALON KEPALA DAERAH   KOMINFO TEMUKAN 38 INFORMASI HOAKS SOAL PILKADA SERENTAK 2020