Kompas TV video cerita indonesia

Kronologi Polisi Ditolak Petugas Lapas akan Periksa Napi

Kompas.tv - 30 Oktober 2020, 22:35 WIB
Penulis : Theo Reza

RIAU, KOMPAS.TV - Lapas kelas 2A Pekanbaru membenarkan adanya perselisihan petugas lapas dengan Tim Polda Riau pada Kamis (29/10/2020) sore.

Perselisihan itu terjadi saat petugas kepolisian akan melakukan pemeriksaan terhadap satu narapidana yang diduga sebagai pengendali sabu 16 kilogram.

Meski sudah memberikan surat resmi untuk melakukan pemeriksaan terhadap narapidana tersebut, Petugas kepolisian yang sudah menunggu selama satu jam di pintu masuk lapas kelas 2A Pekanbaru tidak kunjung diperbolehkan masuk oleh petugas lapas.

Padahal, menurut petugas Diresnarkoba Polda Riau, sejumlah keluarga yang akan menjenguk narapidana lainya  kedalam lapas diperbolehkan oleh petugas lapas tanpa di cek barang bawaan.

Kapolda juga menyebut petugas kepolisian sudah melakukan pemeriksaan terhadap salah satu petugas lapas terkait upaya penolakan pemeriksaan terhadap narapidana.

Pelaksana tugas kepala lapas kelas 2A Pekanbaru, Alfonsus Wisnu Ardianto membenarkan terjadinya selisih paham antara petugas lapas dengan penyidik dari direktorat reserse narkoba atau ditresnarkoba polda.

Namun upaya pemeriksaan oleh tim Polda Riau terhadap narapidana yang diduga sebagai pengendali tidak bisa dilakukan dengan alasan pada hari Kamis kemarin tidak ada jam kunjungan atau penerimaan tamu karena hari libur nasional.

Selain itu, pada saat terjadi selisi paham Alfonsu Wisnu Ardianto menyebut Tim Polda Riau belum bisa menunjukan surat tugas kepada petugas jaga dengan alasan akan bertemu langsung dengan pimpinan lapas.

Usai berkoordinasi antara Kapolda Riau dengan Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia atau Kemenkumham Wilayah Riau.

Tim Subdit Satu Ditresnarkoba Polda Riau membawa narapidana yang diduga sebagai pengendali peredaran 16 kilogram sabu pada Kamis malam.

Tim juga berhasil mengamankan satu unit handpone yang diduga milik pelaku.

Alfonsus Wisnu Ardianto juga mengaku ada kelalaian pihak lapas kelas 2A Pekanbaru yang masih ditemukan narapidana memiliki handphone. Meski demikian, pihaknya akan berusaha keras agar tidak terjadi peredaran handpone di dalam lapas.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.