Kompas TV regional berita daerah

Aktivitas Magma Tinggi, Kubah Lava Gunung Sinabung Rawan Gugur

Kompas.tv - 30 Oktober 2020, 21:30 WIB
Penulis : Christandi Dimas

KARO, KOMPAS.TV - Aktivitas vulkanik Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, masih tinggi.

Pos Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi atau PVMBG Gunung Sinabung mencatat gempa guguran dan pertumbuhan kubah lava yang masih sangat tinggi.

Pos PVMBG Sinabung mencatat bahwa sejak 25 Oktober 2020 sudah tujuh kali Gunung Sinabung mengeluarkan guguran awan panas. Gempa guguran masih menandakan aktivitas gunung api yang tinggi dan berstatus Siaga Level III.

Pada 29 Oktober 2020, aktivitas Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali meningkat dan mengembuskan awan panas guguran hingga jarak 2.000 meter.

Akibat awan panas guguran ini, Kota Berastagi kembali dihujani abu vulkanik. Petugas pemadam kebakaran pun dikerahkan untuk membersihkan sisa-sisa hujan abu.

Jangan lewatkan streaming Kompas TV live 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live agar kamu semua tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia. Subscribe juga channel YouTube Kompas TV dan aktifkan lonceng supaya kamu dapat notifikasi video terbaru langsung.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x