Kompas TV regional berita daerah

Pandemi, Hanya 1 Gunungan Ampyang Yang Dikirab

Jumat, 30 Oktober 2020 | 19:06 WIB

KUDUS, KOMPAS.TV - Gunungan Ampyang yang terdiri dari bungkusan nasi segenggam yang dibungkus daun pisang beserta lauk botok dan kerupuk tersebut dikirab mulai halaman balai desa dan dibawa menuju Masjid Taqwa Desa Loram Kulon, Kudus, Jawa Tengah. Sesampai di masjid, puluhan warga sudah menunggu dengan duduk berjajar di serambi masjid sambil jaga jarak dan menggunakan masker.

Berbeda dengan tradisi pada tahun sebelumya, ditengah pandemi ini panitia hanya membuat satu buah gunungan dan hanya diikuti puluhan warga saja, hal ini dilakukan untuk tetap menjalankan tradisi ampyang maulid yang sudah berjalan secara tutun temurun. 

Setelah didoakan gunungan ampyang yang biasanya diperebutkan warga, kali ini dibagiakan satu persatu kepada warga yang hadir dan selanjutnya dimakan secara bersama sama. 

Tradisi mengusung gunungan nasi segenggam yang dibungkus daun pisang dan kerupuk yang disebut ampyang ini diadakan setiap tanggal 12 bulan Rabiul Awal Hijriyah. Untuk memperingati hari lahir Nabi Muhammad dan sekaligus melestarikan adat istiadat yang sudah diwariskan oleh para leluhur desa setempat. 

#Tradisi #Ampyang #Kudus

 

Penulis : KompasTV Jateng



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:41
JPU MENUNTUT DJOKO TJANDRA 2 TAHUN PENJARA ATAS KASUS SURAT JALAN PALSU   KPK SITA SEJUMLAH UANG PECAHAN RP 100.000 DAN DOKUMEN PROYEK DALAM OTT BUPATI BANGGAI LAUT WENNY BUKAMO   SEBANYAK 5 WARGA KARAWANG POSITIF KORONA TERPAKSA ISOLASI MANDIRI DI RUMAH KARENA RS & HOTEL RUJUKAN PENUH   PULUHAN PEGAWAI TEMPAT HIBURAN DI KOTA BEKASI MELAKUKAN TES CEPAT DAN USAP KORONA DI STADION PATRIOT CANDRABHAGA   LION AIR DISOMASI DUA MANTAN PILOTNYA KARENA BELUM BAYAR GAJI POKOK, TUNJANGAN, DAN PESANGON SEJAK 8 JUNI 2020   HASIL AUDIT BPK: HINGGA 31 DESEMBER 2019, TOTAL UTANG LAPINDO BRANTAS & MINARAK KE PEMERINTAH SEBESAR RP 1,91 T   KEMENKEU IZINKAN PT MINARAK LAPINDO JAYA BAYAR UTANG MELALUI ASET   PETISI PERIHAL PENOLAKAN KENAIKAN GAJI DPRD DKI JAKARTA 2021 MUNCUL DI SITUS CHANGE.ORG   KPU JAMIN DISTRIBUSI LOGISTIK LANCAR JELANG PILKADA DEPOK 9 DESEMBER 2020   KPK: 62% CALON KEPALA DAERAH PETAHANA KEKAYAANNYA BERTAMBAH LEBIH DARI RP 1 MILIAR SELAMA MENJABAT   KPK SEBUT 45% DARI TOTAL CALON KEPALA DAERAH DALAM PILKADA 2020 BERLATAR BELAKANG PENGUSAHA   BAWASLU MINTA KPU SEGERA DISTRIBUSIKAN LOGISTIK APD KE PETUGAS KPPS   BAWASLU TINGKATKAN PENGAWASAN SAAT MASA TENANG PILKADA 2020   PRESIDEN JOKOWI TETAPKAN MODAL AWAL PEMBENTUKAN DAN PELAKSANAAN BANK TANAH DARI APBN SEBESAR RP 5 TRILIUN