Kompas TV regional berita daerah

Siswa SMK Sidoarjo Ciptakan Palang Pintu Pengukur Suhu

Kompas.tv - 30 Oktober 2020, 17:38 WIB
Penulis : KompasTV Surabaya

Sidoarjo, KompasTV Jawa Timur - Sambut Sekolah tatap muka yang mulai dilakukan kembali di Jawa Timur, tiga siswa SMK Antartika 2 Sidoarjo menciptakan bilik pengukur suhu tubuh berpalang pintu otomatis.

Bilik ini sendiri tidak akan terbuka jika salah seorang siswa memiliki suhu tubuh di atas suhu normal.

Pembuatan bilik ini juga untuk mengurai kerumunan siswa, saat mengukur suhu tubuh mereka ketika hendak mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Ditangan tiga siswa SMK, jurusan Mekatronika bilik ini lahir. Berbekal dana sekitar 2 juta rupiah, dan waktu pengerjaan selama 1 bulan, mereka bisa merakit alat palang pintu otomatis ini.

Prinsip kerja bilik palang pintu ini dengan memanfaatkan sensor pengukur suhu tubuh, sensor ultrasonic, dan juga servo. Bilik ini dapat mendeteksi suhu tubuh siswa dan siswi hanya dengan memindai telapak tangan siswa maupun guru, tanpa harus menempelkan tangan mereka.

Palang pintu ini sendiri akan secara otomatis terbuka jika siswa ataupun guru terdeteksi memiliki suhu tubuh di bawah 37 derajat Celsius.

Namun jika terdeteksi memiliki suhu tubuh di atas 37 derajat Celsius, maka palang pintu tidak akan terbuka dan alarm peringatan akan berbunyi.

Tak puas, ketiga siswa SMK ini akan melakukan pengembangan atas temuan mereka ini. Mereka juga meminta kepada pihak sekolah untuk segera mematenkan temuan mereka tersebut.

“Ide awalnya ini ketika kami melihat banyak siswa berkumpul (pengecekan suhu) saat masuk sekolah. Dengan alat ini bisa mengurangi kerumunan dan kontak fisik sesuai protokol kesehatan. Mungkin kedepannya kami akan tambahkan disinfektan, seperti itu.” Ujar Calvin, siswa SMK Antartika 2 Sidoarjo ini.

 

#Sidoarjo #Jatim #Teknologi #Inovasi #Suhu #Thermal #Sensor #Covid19 #Corona

MEDIA SOSIAL KOMPAS TV JAWA TIMUR :

facebook :https://www.facebook.com/kompastvjatim

instagram :https://www.instagram.com/kompastvjatim

twitter :https://twitter.com/kompastvjatim 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.