Kompas TV regional berita daerah

Warga Kaliwungu Gelar Tradisi Ketuin Dengan Protokol Kesehatan

Kompas.tv - 30 Oktober 2020, 11:55 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KENDAL, KOMPAS.TV - Warga Kaliwungu Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, memiliki tradisi unik dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Tradisi yang dikenal dengan nama weh–weh-an atau ketuwin ini, warga saling berbagi makanan dengan berkeliling kampung, namun tetap menerapkan protokol kesehatan.

Tradisi weh-weh-an atau ketuin ini merupakan tradisi saling berbagi dan memberi makanan kepada tetangga. Seperti di Desa Krajan Kulon, Kaliwungu, Kabupaten Kendal, warga antusias menggelar tradisi tahunan ini.

Bagi warga Kaliwungu, weh-wehan atau ketuin tak ubahnya seperti hari raya. Pasalnya, anak-anak mengenakan baju baru berkeliling kampung dengan membawa makanan untuk dibagikan kepada para tetangga. Di tengah pandemi Covid-19 ini, warga tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan tetap tertib mengenakan masker, rajin mencuci tangan dan menjaga jarak.

Menurut Ali Nurudin tokoh masyarakat Kaliwungu Kendal, tradisi ketuin sendiri dipopulerkan Mbah Akhmad Rukyat, sesepuh dan Ulama Kaliwungu yang mengajarkan tentang kebersamaan dan saling berbagi. Filosofi tradisi weh-weh-an adalah rasa tenggang rasa dan saling berbagi, serta mengajarkan kebersamaan.

Makanan khas Kaliwungu yang disajikan dalam tradisi tahunan ini adalah sumpil dan ketan beraneka warna. Sumpil merupakan makanan yang berbahan beras dan dibungkus dengan daun bambu, hidangan ini disajikan dengan bumbu kelapa parut yang sudah diberi bumbu pedas.

#TradisiKetuin #ProtokolKesehatan #MaulidNabiMuhammad

 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.