Kompas TV regional berita daerah

Warga Kaliwungu Gelar Tradisi Ketuin Dengan Protokol Kesehatan

Jumat, 30 Oktober 2020 | 11:55 WIB

KENDAL, KOMPAS.TV - Warga Kaliwungu Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, memiliki tradisi unik dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Tradisi yang dikenal dengan nama weh–weh-an atau ketuwin ini, warga saling berbagi makanan dengan berkeliling kampung, namun tetap menerapkan protokol kesehatan.

Tradisi weh-weh-an atau ketuin ini merupakan tradisi saling berbagi dan memberi makanan kepada tetangga. Seperti di Desa Krajan Kulon, Kaliwungu, Kabupaten Kendal, warga antusias menggelar tradisi tahunan ini.

Bagi warga Kaliwungu, weh-wehan atau ketuin tak ubahnya seperti hari raya. Pasalnya, anak-anak mengenakan baju baru berkeliling kampung dengan membawa makanan untuk dibagikan kepada para tetangga. Di tengah pandemi Covid-19 ini, warga tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan tetap tertib mengenakan masker, rajin mencuci tangan dan menjaga jarak.

Menurut Ali Nurudin tokoh masyarakat Kaliwungu Kendal, tradisi ketuin sendiri dipopulerkan Mbah Akhmad Rukyat, sesepuh dan Ulama Kaliwungu yang mengajarkan tentang kebersamaan dan saling berbagi. Filosofi tradisi weh-weh-an adalah rasa tenggang rasa dan saling berbagi, serta mengajarkan kebersamaan.

Makanan khas Kaliwungu yang disajikan dalam tradisi tahunan ini adalah sumpil dan ketan beraneka warna. Sumpil merupakan makanan yang berbahan beras dan dibungkus dengan daun bambu, hidangan ini disajikan dengan bumbu kelapa parut yang sudah diberi bumbu pedas.

#TradisiKetuin #ProtokolKesehatan #MaulidNabiMuhammad

 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penulis : KompasTV Jateng



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:06
POLRI SEBUT EMPAT ORANG YANG TEWAS DI KABUPATEN SIGI DIDUGA DIBUNUH KELOMPOK TERORIS ALI KALORA   DINKES KABUPATEN KLATEN, JAWA TENGAH: 40 PETUGAS PENYELENGGARA PILKADA KLATEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19   BUPATI BOGOR ADE YASIN DINYATAKAN NEGATIF COVID-19 SEUSAI TES USAP KETIGA   KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN SEBUT UU CIPTA KERJA PERMUDAH USAHA PENGOLAHAN IKAN    KPK MENDUGA WALI KOTA CIMAHI AJAY M PRIATNA MEMINTA SUAP RP 3,3 MILIAR UNTUK PERIZINAN RS KASIH BUNDA   KPK SEBUT DUA TERSANGKA SUAP PERIZINAN RS KASIH BUNDA YAITU WALI KOTA CIMAHI AJAY M PRIATNA DAN HUTAMA YONATHAN   KPK TETAPKAN DUA TERSANGKA KASUS DUGAAN SUAP PERIZINAN PENGEMBANGAN RS KASIH BUNDA, CIMAHI, JAWA BARAT   BPBD LEMBATA, KUPANG, NTT, MENGATAKAN ERUPSI GUNUNG III LEWOTOLOK TIDAK BERDAMPAK PADA MASYARAKAT   POLDA GORONTALO TANGKAP 7 TERDUGA TERORIS DI KABUPATEN, POHUWATO, GORONTALO   SITA UANG TUNAI DARI PENGGELEDAHAN DI KEMENTERIAN DAN KELAUTAN, KPK: SAAT INI MASIH DILAKUKAN PENGHITUNGAN   KPK SITA UANG TUNAI DALAM BENTUK RUPIAH DAN MATA UANG ASING SAAT GELEDAH KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN   KEMENKES TERBITKAN IZIN OPERASIONAL LABORATORIUM PCR DI RSUD KABUPATEN BULELENG, BALI    KEMENKEU BERI PINJAMAN KE PERUMNAS UNTUK PENYEDIAAN SATU JUTA RUMAH   KETUA KOMISI III DPR HERMAN HERY MENDESAK APARAT BERTINDAK TEGAS PELAKU PEMBUNUHAN SATU KELUARGA DI SIGI, SULTENG