Kompas TV regional berita daerah

Pelestari Kerajinan Tenun

Kompas.tv - 30 Oktober 2020, 11:23 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

Gianyar, KOMPASTV - Gianyar adalah nama salah satu kabupaten di propinsi bali , di kabupaten ini  masyarakatnya sebagian besar  bergantung pada seni , baik semi tari , seni lukis , hingga kerajinan tangan , tak hayal kabupaten ini memiliki sebutan kota seni .

Di tengah perkembangan jaman salah seorang pemuda di kabupaten gianyar tetap berusaha menjaga warisan pembuatan kain tenun dengan memproduksi kain tenun secara traditional , usaha yang di didirkan sejak 2016 silam kini tengah mulai berkembang dan mampu memberikan lapangan pekerjaan bagi warga sekitar .

 

Sedikitnya usahanya kini memiliki karyawan sebanyak 17 orang yang semuanya terdiri dari ibu rumah tangga , diapun mengaku mendirikan usahanya ini untuk membangkitkan minat generasi muda agar turut serta melestarikan pembuatan tenun . 

 

Berbagai tantangan di hadapi dalam usaha yang di buatnya namun berkat kegigihan dari  I Gusti Ngurah Jelantik Artajaya kini usahanya telah mampu di kenal di dalam hingga di luar negeri.

 

Berbagai proses di lewati guna mendapatkan kwalitas terbaik kain hasil produksinya seperti pemilihan benang hingga proses prmasakan benang m dari usahanya dia mampu menghasilkan omset 30 hingga 50 juta perbulannya,

#seni #kaintenun #pelestarian #budaya



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x