Kompas TV bisnis kompas bisnis

Manuver Bank Indonesia untuk Ekonomi Keuangan Syariah

Jumat, 30 Oktober 2020 | 11:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV – Salah satu kunci keberhasilan pengembangan ekonomi digital yaitu  bahwa data harus di manage secara baik dan sangat efesien, oleh karena itu Bank Indonesia berinisiatif kedepan menyiapkan data center yang mampu mengelola data payment. 

Sehingga bermanfaat sebagai basis data untuk pengambilan Bank Indonesia dan tentu akan bermanfaat bagi industri sehingga di era digital siapa yang menguasai data maka ia menguasai ekonomi.

Industri Syariah Indonesia kini beradaptasi dengan digitalisasi dan juga teknologi pembayaran, strategi ini diharapkan bisa menstimulasi penguatan ekonomi dan keuangan syariah.

Digital dengan ekonomi sangat kompetibel, 2 area ini ada potensi strategis dan besar untuk merauk keuntungan dan maju. Potensi syariah bisa dilihat Indonesia memiliki umat muslim yang sangat banyak lebih dari 200 juta orang. 

Kebijakan BI untuk ini membuat Blue Print Sistem Pembayaran Indonesia atau BPSPI. BI menyiapkan infrastruktur yang resilion, cepat dan handal. Di tahun 2019 bulan Agustus BI sudah memperkenalkan tanggak nasional QR Code sebagai kanal pembayaran.

Cara pembayaran melalui QR Code ini sangat diterima oleh UMKM dan termasuk UMKM Syariah. Dimana sekarang sudah mencapai angka 5 juta marchant yang tersambung oleh QR Indonesia Standart yang sebagian besar dipakai oleh UMKM Syariah.

Editor : Merlion Gusti



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:41
DEWAN PENGUPAH SEPAKAT UPAH MINIMUM KOTA MAGELANG NAIK JADI RP 1,9 JUTA   SATGAS PENANGANAN COVID-19 AJAK MASSA KERUMUNAN ACARA RIZIEQ SHIHAB SUKARELA TES USAP GRATIS DI PUSKESMAS DKI    KEPALA KUA TANAH ABANG SUKANA DICOPOT KARENA TIDAK JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN    GUBERNUR JATIM KHOFIFAH INDAR PARAWANSA MINTA SEKOLAH MATANGKAN TEKNIS BELAJAR TATAP MUKA 2021   KASATGAS PENANGANAN COVID-19 SEBUT KETERISIAN RUANG ICU DI BANTEN, JABAR, DAN JATENG LEBIH DARI 70 PERSEN   WAKIL MUI SESALKAN KERJA KERAS PENANGANAN COVID-19 DIHANCURKAN OLEH KERUMUNAN DALAM SEPEKAN TERAKHIR   MENKO BIDANG PEREKONOMIAN MENGATAKAN PENERIMA KARTU PRAKERJA MENCAPAI 5,9 JUTA ORANG   MENAG FACHRUL RAZI SEBUT ADA DUA CALON JEMAAH UMRAH GELOMBANG KE-4 YANG POSITIF COVID-19    KPU BANDUNG TEMUKAN 660 SURAT SUARA RUSAK   KPK LIBATKAN 8 PARTAI POLITIK UNTUK MENERAPKAN PENDIDIKAN ANTIKORUPSI BAGI POLITISI   MENDIKBUD BUKA SELEKSI PENGANGKATAN GURU HONORER JADI PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA    BAWASLU JATENG LANTIK 44.077 PENGAWAS TEMPAT PEMUNGUTAN SUARA UNTUK PILKADA   MENKUMHAM SEBUT PEMERINTAH USULKAN 10 RUU DALAM PROLEGNAS PRIORITAS 2021   KEMENAG USULKAN VAKSIN COVID-19 UNTUK JEMAAH HAJI BERDASARKAN REKOMENDASI PEMERINTAH ARAB SAUDI