Kompas TV internasional kompas dunia

Charlie Hebdo, Bangga Memprovokasi Islam Meski Aksi Kekerasan Akibatnya

Jumat, 30 Oktober 2020 | 03:24 WIB
charlie-hebdo-bangga-memprovokasi-islam-meski-aksi-kekerasan-akibatnya
Polisi Prancis berjaga setelah kasus penusukan di depan bekas kantor Charlie Hebdo, Paris, Prancis, Jumat (25/9/2020). (Sumber: AP Photo)

PARIS, KOMPAS.TV – Meski berulang kali diserang atas penerbitan karikatur-karikatur kontroversial, namun surat kabar Charlie Hebdo rupanya tak kapok mengolok-olok Islam.

Kritik dari seluruh dunia menyebut bahwa staf editorial harian yang gemar menyindir ini tengah menyerang Islam; sementara orang-orang yang berada di balik Charlie Hebdo menyebut aksi kekerasan yang tengah terjadi sebagai intoleransi, penindasan dan bentuk politis dari Islam yang mengancam demokrasi.

Menjunjung kebebasan berekspresi sebagai filosofinya, Charlie Hebdo kerap menerbitkan karikatur seksual vulgar yang menyinggung hampir semua orang. Ini juga berarti Charlie Hebdo tengah menekan hukum ujaran kebencian Prancis pada batasnya.  

Baca Juga: Erdogan Dihina Charlie Hebdo, Turki Akan Lakukan Langkah Hukum

Lewat karikatur-karikaturnya, Charlie Hebdo telah mengejek anak imigran yang tewas, para korban Covid-19, para pencandu narkoba yang sekarat, para pemimpin dunia, Paus, para uskup, pemimpin Yahudi dan banyak sosok lain dari beragam kalangan, baik agama, politis maupun dunia hiburan.

Keputusan Charlie Hebdo untuk menerbitkan kartun baru pekan ini yang mengejek lawan mereka di dunia Islam, kembali menyulut aksi kekerasan yang terjadi di gereja Notre Dame di Nice, Prancis. Charlie Hebdo menerbitkan kartun pemakaman sang guru sejarah yang tewas dipenggal: para petugas mengusung dua peti, satu berisi jenazah, dan satu peti lagi berisi kepala sang guru.

Sejak sidang atas kasus penyerangan terhadap Charlie Hebdo di tahun 2015 yang menewaskan 12 kartunis digelar bulan lalu, harian ini mendedikasikan hampir setengah dari sampul mingguannya untuk mencemooh teroris.

Penulis : Vyara Lestari

1
2
3



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:40
BALAI KONSERVASI BOROBUDUR TUTUP 56 STUPA MENGGUNAKAN TERPAL UNTUK ANTISIPASI DAMPAK HUJAN ABU VULKANIK   BELUM BUKA LOWONGAN, PT TRANSJAKARTA: HATI-HATI PENIPUAN   WAGUB DKI MINTA PRESIDEN JOKOWI BUAT KEBIJAKAN UNTUK TEKAN ANGKA PENULARAN COVID-19 SAAT LIBUR AKHIR TAHUN   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY CEK RSUD JAYAPURA YANG AKAN MENJADI RUMAH SAKIT RUJUKAN PON 2021   MENTERI BASUKI HADIMULJONO GANDENG KPK DALAM MENGELOLA ANGGARAN INFRASTRUKTUR SEBESAR RP 150 TRILIUN   KASUS KORONA DI DKI TINGGI, SATGAS COVID-19 MINTA GUBERNUR ANIES BASWEDAN TINDAK PELANGGAR PROTOKOL KESEHATAN   KPK AJUKAN 600 IZIN PENYADAPAN UNTUK PANTAU PILKADA HINGGA ANGGARAN COVID-19   JELANG PENCOBLOSAN PILKADA, MENDAGRI MINTA DINAS DUKCAPIL TIDAK PERSULIT WARGA YANG INGIN MEMBUAT KTP ELEKTRONIK   GUBERNUR SRI SULTAN HAMENGKUBUWONO PERSILAKAN KPK USUT DUGAAN KORUPSI PEMBANGUNAN STADION MANDALA KRIDA    SATGAS PENANGANAN COVID-19: LIBUR PANJANG AKHIR TAHUN BERPOTENSI NAIKKAN PENULARAN KORONA   CEGAH PENYEBARAN COVID-19, GUBERNUR GANJAR PRANOWO USULKAN LIBUR AKHIR TAHUN DITIADAKAN   IRJEN NAPOLEON BONAPARTE SEBUT TOMMY SUMARDI SEMPAT TELEPON WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN DI HADAPANNYA   IRJEN NAPOLEON BONAPARTE SEBUT TOMMY SUMARDI MENGAKU TEMUI DIRINYA ATAS RESTU DARI KABARESKRIM POLRI   IRJEN NAPOLEON BONAPARTE BERTEMU TOMMY SUMARDI BERSAMA BRIGJEN PRASETIJO UTOMO DI RUANG KERJANYA