Kompas TV TALKSHOW rosi

Tanpa Tangan dan Kaki, Karya Fotografer ini Mendunia - ROSI (Bag3)

Jumat, 30 Oktober 2020 | 01:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Indonesia kaya dengan orang muda, tahun 1982 bahkan orang muda Indonesia mampu menjadi penggerak untuk menjadikan negara ini satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa.

Orang muda menjadi bagian penting sejarah berdirinya bangsa ini.

Seperti harmoni, perbedaan suku, agama, dan kebudayaan justru menjadi sebuah kekuatan bagi orang muda untuk membuat bangsa ini besar dan berjaya.

Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Yang dimaksud dengan "Sumpah Pemuda" adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Keputusan ini menegaskan cita-cita akan ada "tanah air Indonesia", "bangsa Indonesia", dan "bahasa Indonesia".

Keputusan ini juga diharapkan menjadi asas bagi setiap "perkumpulan kebangsaan Indonesia" dan agar "disiarkan dalam berbagai surat kabar dan dibacakan di muka rapat perkumpulan-perkumpulan".

Istilah "Sumpah Pemuda" sendiri tidak muncul dalam putusan kongres tersebut, melainkan diberikan setelahnya. Berikut ini adalah bunyi tiga keputusan kongres tersebut sebagaimana tercantum pada prasasti di dinding Museum Sumpah Pemuda. Penulisan menggunakan ejaan van Ophuijsen.

Isi sumpah pemuda yakni

Satoe:
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea:
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga:
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia. 

Penulis : Yudho Priambodo



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:40
PRESIDEN TERPILIH AS JOE BIDEN MENDAPAT IZIN PEMERINTAHAN TRUMP UNTUK MEMULAI TRANSISI KEKUASAAN DI GEDUNG PUTIH   DINKES: SEBANYAK 33 ORANG MENINGGAL DUNIA DI PROVINSI RIAU AKIBAT DBD    MENDIKBUD NADIEM MAKARIM PASTIKAN TAK ADA BATASAN USIA BAGI GURU HONORER YANG IKUT SELEKSI PPPK   HADIRI MUNAS X SECARA VIRTUAL, PRESIDEN JOKOWI MEMINTA MUI IKUT MENGAWAL PROGRAM VAKSINASI COVID-19   KPK SELIDIKI KASUS PENERIMAAN SUAP IZIN EKSPOR BENIH LOBSTER YANG MENJERAT MENTERI EDHY PRABOWO SEJAK AGUSTUS 2020   ANDREAU MISATA & AMIRIL MUKMININ MERUPAKAN 2 DARI 7 TERSANGKA KASUS PENERIMAAN SUAP IZIN EKSPOR BENIH LOBSTER   KPK IMBAU STAF KHUSUS MENTERI KP ANDREAU MISATA & SEORANG PIHAK SWASTA AMIRIL MUKMININ SEGERA MENYERAHKAN DIRI    JADI TERSANGKA, MENTERI EDHY PRABOWO MEMINTA MAAF KEPADA PRESIDEN JOKO WIDODO & KETUM GERINDRA PRABOWO SUBIANTO   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 1.988: 1.392 SEMBUH, 158 MENINGGAL DUNIA, DAN 438 DALAM PERAWATAN   POSITIF TERINFEKSI KORONA, BUPATI SITUBONDO DADANG WIGIARTO DIRAWAT DI RUANG ISOLASI RSUD ABDOER RAHEM   MENTERI AGAMA FACHRUL RAZI MINTA IBADAH NATAL TAHUN INI DISESUAIKAN DENGAN PROTOKOL KESEHATAN PENCEGAHAN COVID-19   GUBERNUR BANTEN WAHIDIN HALIM AKAN BUKA KEMBALI SEKOLAH UNTUK PEMBELAJARAN TATAP MUKA PADA JANUARI 2021   MK TEGASKAN ANGGOTA LEGISLATIF WAJIB MUNDUR DARI JABATANNYA JIKA DITETAPKAN SEBAGAI CALON KEPALA DAERAH   KOMINFO TEMUKAN 38 INFORMASI HOAKS SOAL PILKADA SERENTAK 2020