Kompas TV bisnis kebijakan

Ini Dampak Kebijakan Tidak Menaikkan Upah Minimum di Tahun 2021 Versi Indef

Jumat, 30 Oktober 2020 | 05:55 WIB
ini-dampak-kebijakan-tidak-menaikkan-upah-minimum-di-tahun-2021-versi-indef
Ilustrasi: uang, gaji, rupiah, bantuan pemerintah, bantuan karyawan (Sumber: Shutterstock)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira meminta pemerintah menimbang kembali putusan untuk tidak menaikkan upah minimum.

Menurutnya kebijakan tidak menaikkan umpah minimum baik provinsi maupun umpah minimum kabupaten/kota akan berpengaruh terhadap rendahnya daya beli masyarakat.

Dampaknya akan memperlambat pertumbuhan dan pemulihan ekonomi dalam negeri di tengah pandemi Covid-19. Terlebih dalam RAPBN 2021 pemerintah memproyeksikan masih ada inflasi sebesar 3 persen.

Baca Juga: Upah Minimum Provinsi Tahun 2021 Tidak Dinaikkan Pemerintah, Ini Pandangan Buruh dan Pengusaha

“Nah kalau tergerus daya belinya, ini akan berpengaruh terhadap tingkat konsumsi rumah tangga. Konsumsi rumah tangga ini punya peran yang sangat signifikan terhadap pemulihan ekonomi,” ujar Bhima, Kamis (29/10/2020).

Bhima menambahkan kebijakan tersebut dapat berpengaruh terhadap permintaan agregat yang akan mengalami konstraksi. Sebab upah tidak naik tapi masyarakat akan berhadapan dengan inflasi 3 persen.

Untuk itu Bhima menyarankan agar pemerintah bisa menaikkan upah minimum untuk mendorong pertumbuhan ekonomi melalui daya beli masyarakat.

Penulis : Johannes Mangihot

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:42
GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN TARGETKAN STADION PERSIJA RAMPUNG PADA 2021   PEMKOT MALANG AKAN REVITALISASI TIGA PASAR RAKYAT PADA 2021   KEMENDIKBUD: PENDIDIKAN ANAK USIA DINI UNTUK KESIAPAN KEHIDUPAN ANAK YANG LEBIH BAIK   MENDIKBUD NADIEM MAKARIM: SEKOLAH TATAP MUKA HARUS SEIZIN PERWAKILAN ORANGTUA   PEMKAB MANGGARAI BARAT, NTT, AJUKAN BANTUAN BAGI 1.000 KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE) KE KEMENSOS UNTUK 2021   SATGAS COVID-19 DENPASAR LIBATKAN TNI-POLRI CEGAH KERUMUNAN DI PILKADA 2020   SATGAS COVID-19 TAK IZINKAN JAZZ GUNUNG DIGELAR MESKI BROMO ZONA HIJAU   SATGAS COVID-19 MINTA MASYARAKAT TETAP WASPADA JELANG LIBUR PANJANG AKHIR TAHUN   JUBIR SATGAS COVID-19 WIKU ADISASMITO PASTIKAN PERSIAPAN VAKSIN UNTUK PENANGANAN KORONA BERJALAN BAIK   MENRISTEK BAMBANG BRODJONEGORO DORONG PENGUATAN EKOSISTEM RISET DAN INOVASI NASIONAL   KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN SEBUT UU CIPTA KERJA PERMUDAH USAHA PENGOLAHAN IKAN   KEMENPERIN MINTA SDM INDUSTRI ADAPTIF DI TENGAH DISRUPSI TEKNOLOGI   KEMENPERIN SIAPKAN STRATEGI BANGUN SDM INDUSTRI YANG KOMPETEN UNTUK TINGKATKAN DAYA SAING   MENDESA PDTT: DANA DESA BOLEH DIGUNAKAN APA SAJA SELAMA TIDAK BERTENTANGAN DENGAN UU YANG BERLAKU