Kompas TV internasional kompas dunia

Umumkan Cetak Biru 5 Tahunan, China Nyatakan Ambisi Menjadi Penguasa Teknologi Dunia

Kompas.tv - 29 Oktober 2020, 21:36 WIB
umumkan-cetak-biru-5-tahunan-china-nyatakan-ambisi-menjadi-penguasa-teknologi-dunia
Seorang wanita dengan masker wajah melihat-lihat smartphone-nya saat seorang wanita bertopeng berjalan di dekat toko ritel Huawei mempromosikan jaringan 5G di Beijing pada 11 Oktober 2020 (Sumber: Associated Press)
Penulis : Zaki Amrullah

BEIJING, KOMPAS TV – Pemimpin China menyatakan bahwa China akan mempercepat upaya pembangunan menjadi Adikuasa teknologi yang mandiri.

Pernyataan ini diumukam hari Kamis (29/10/2020)  menyusul berlarutnya sengketa dengan Amerika Serikat yang memotong akses China terhadap teknologi dan komponen Amerika Serikat.

China menganggap, tindakan AS itu menghambat ambisi industri mereka.

Kantor Berita Associated Press melaporkan, pemimpin Partai Komunis China yang berkuasa mengumumkan ambisi China usai menggelar pertemuan untuk menghasilkan cetak biru pembangunan China dalam 5 tahun ke depan.

Pemerintah China saat ini sedang berupaya mengurangi masalah yang mereka hadapi  akibat kebijakan pemerintahan AS dibawah presiden Trump yang melarang penjualan keping prosesor teknologi tinggi serta teknologi lain kepada perusahaan-perusahaan China.

Baca Juga: Hadapi Berbagai Ancaman, Xi Jinping Ingin Militer China Siap Perang

Amerika Serikat menyebut pelarangan itu dilakukan untuk mengantisipasi keamanan dan merespon berbagai upaya spionasi China.

Pernyataan resmi Partai Komunis China usai pertemuan yang  dikutip Associated Press menyebut, “Ilmu Pengetahuan dan Teknologi harus mandiri, untuk secara strategis mendukung pembangunan nasional,” untuk itu,”akan mempercepat pembangunan menjadi adikuasa ilmu pengetahuan dan teknologi,”

Rencana 5 tahunan itu adalah dasar kebijakan China 5 tahun ke depan di bidang ekonomi dan industri. Rencana detail cetak biru tersebut baru akan terbit bulan Maret nanti, disusul dengan penerbitan rencana serta regulasi detil setiap bidang industri.

Pernyataan hari Kamis (29/10/2020) tersebut juga menegaskan ambisi China untuk menjalankan pembangunan dengan jalan,”pembangunan yang hijau dan rendah karbon,” serta menaikkan taraf hidup rakyat China. (Edwin S. Bimo)



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x