Kompas TV video cerita indonesia

Ini Alasan Kuat Amerika Ingin Jalin Hubungan dengan Indonesia

Kompas.tv - 29 Oktober 2020, 14:11 WIB
Penulis : Abdur Rahim


BOGOR, KOMPASTV – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompoe berkunjung ke Indonesia (29/10). 

Dalam kunjungan tersebut, ia bertemu dengan Presiden Joko Widodo dan membicarakan sejumlah hal terkait hubungan bilateral antara kedua negara, seperti ekonomi, pendidikan hingga militer. 

Amerika menyebut,  Indonesia memiliki peranan penting di kawasan Asia Tenggara.

Hal inilah yang menjadikan Indonesia penting di mata Amerika Serikat. 

Poin-poin tersebut disampaikan Pompeo melalui Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi dalam keterangan pers usai pertemuan.  

Baca Juga: Pakai Masker Bendera Amerika, Mike Pompeo Bertemu Jokowi di Istana Bogor

“Indonesia dinilai oleh Amerika Serikat memainkan peranan yang khusus di kawasan. Indonesia adalah anchor Asean. Oleh karena itu, dengan peran besar Indonesia ini, maka Amerika betul-betul ingin menjalin hubungan yang lebih baik dengan Indonesia, termasuk ekonomi dan juga kerja sama di bidang pertahanan” ungkap Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (29/10), saat memberikan keterangan resmi. 

Tak hanya dengan tingkat pemerintah, Amerika juga akan menjalin hubungan dean kamunikasi dengan stake holder di Indonesia. 

“Pompeo juga mengatakan bahwa, ingin tidak saja menjalin hubungan baik pada tingkat pemerintah, tetapi juga menjadi hubungan dan komunikasi dengan grass root, dengan stake holder di Indonesia”, tambah Retno. 
 


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x