Kompas TV nasional berita kompas tv

Menkeu Sri Mulyani Jelaskan Alasan Upah Minimum Tidak Naik, Pengusaha Lega

Kompas.tv - 29 Oktober 2020, 08:35 WIB
Penulis : Aleksandra Nugroho

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan alasan upah minimum pada 2021 tidak mengalami perubahan.

Upaya ini dilakukan agar perusahaan memiliki keleluasaan sehingga tidak melakukan pemutusan hubungan kerja  atau phk.

Pengusaha mengaku lega dengan keputusan kementerian tenaga kerja, yang memutuskan upah minimum tahun depan tidak naik.

Kebijakan pemerintah dinilai sudah sesuai dengan hitungan pengusaha. Sebab, mengacu pada regulasi yang ada yaitu, rumus formulasi upah buruh di indonesia adalah pertumbuhan ekonomi ditambah inflasi.

"Jangan sampai kalau kemudian terjadi salah satu policy yang menyebabkan perusahaan makin lemah atau dalam hal ini pekerja menghadapi kemungkinan kena PHK," kata Sri Mulyani.

Sri Mulyani juga mengatakan pemerintah tengah mengeluarkan anggaran dalam rangka memberikan kompensasi untuk meningkatkan daya beli masyarakat.

Sementara itu, pengusaha mengaku lega dengan keputusan Kementerian Tenaga Kerja yang memutuskan upah minimum tahun depan tidak naik.

"Dalam kondisi dan situasi seperti ini sangat juga tidak memungkinkan UMP naik, karena apa, dunia usaha saat ini sudah sangat-sangat tertekan sudah sangat-sangat memprihatinkan, cash flow nya sudah sangat terganggu," kata Sarman Simanjorang.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.