Kompas TV regional berita daerah

Pabrik Aspal Karet Rakyat Di Musi Banyuasin

Kamis, 29 Oktober 2020 | 01:58 WIB

MUSI BANYUASIN,KOMPAS.TV-Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, merampungkan pembangunan Instalasi Pengolahan Aspal Karet, berbasis lateks terpravulaknisasi, berkapasitas  30 ton per hari.

Instalasi ini bisa menyerap dan meningkatkan nilai tambah karet petani.

Instalasi pengolahan aspal karet ini, hasil kerjasama Pemkab Muba, PT. Jaya Trade Indonesia dan Pusat Penelitian Karet.

Pembangunannya merupakan lanjutan uji coba aspal karet berbahan serbuk karet alam teraktivasi, atau SKAT, di Sungai Lilin 2018 lalu.

Di Pabrik tersebut, karet rakyat diolah menggunakan mesin sentrifugal. Kandungan lateks yang digunakan sekitar 7 persen, dari total hotmix yang dihasilkan.

Hasil akhir setelah peprosesan adalah karet pekat yang bisa digunakan sebagai campuran aspal.

Di Musi Banyuasin, ada sekitar 300 ribu hektar kebun karet, yang dikelola 83.135 petani. Dari pabrik tersebut diyakini bakal meningkatan pendapatan petani karet yang semula harga karetnya Rp. 10 ribu per kilogram dapat naik menjadi 20 ribu per kilogram.

Produk aspal karet memiliki keunggulan karena lebih fleksibel, yang cocok digunakan di Sumatera Selatan, yang memiliki tanah tak setabil karena di atas rawa.

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, akan menginstruksikan penggunaan aspal karet asal Musi Banyuasin itu, untuk mengairahkan petani karet yang kini terpuruk dengan harga karet yang murah.

Aplikasi aspal karet yang uji cobanya dilakukan di jalan Desa Muara Teladan, Kecamatan Sekayu, dalam 1 kilometer dibutuhkan sekiatr 45 ton aspal karet dengan persentase 3 ton lateks pekat yang digunakan.

Aspal karet dari sisi invesatsi jauh lebih mahal, namun memiliki daya tahan yang lebih lama.

#Investasi #PabrikAspalKaret #MusiBanyuasin

Penulis : KompasTV Palembang



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:49
PASIEN SEMBUH COVID-19 DI JATIM MENCAPAI 88,46 PERSEN, TERENDAH KASUS AKTIF DI ANTARA PROVINSI BESAR DI JAWA   KETUA DPR NILAI PENINGKATAN KESEJAHTERAAN GURU AKAN BERDAMPAK TERHADAP KUALITAS PENDIDIKAN INDONESIA   HARI GURU NASIONAL, KETUA DPR: KESEJAHTERAAN GURU, KHUSUSNYA GURU HONORER, HARUS JADI PERHATIAN PEMERINTAH   KOMPOLNAS: FAKTOR AGAMA TAK AKAN JADI SALAH SATU PERTIMBANGAN USULAN CALON KAPOLRI PENGGANTI JENDERAL IDHAM AZIS   MUI PUSAT AKAN GELAR MUNAS X DENGAN AGENDA UTAMA PERGANTIAN KETUA UMUM DAN PENGURUS DEWAN PIMPINAN MUI   KASUS COVID-19 MELONJAK, PRESIDEN PERANCIS EMMANUEL MACRON AKAN TERAPKAN JAM MALAM MULAI 15 DESEMBER 2020   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 1.984: 1.389 SEMBUH, 158 MENINGGAL DUNIA, DAN 437 DALAM PERAWATAN   JELANG PILKADA SERENTAK 2020, MENDAGRI TITO KARNAVIAN MINTA DUKCAPIL PROAKTIF LAYANI REKAM DATA KTP ELEKTRONIK   KEMENTAN TARGETKAN BANGUN HINGGA 4 PABRIK GULA DALAM 5 TAHUN KE DEPAN UNTUK REALISASIKAN SWASEMBADA GULA PADA 2023   JUBIR SATGAS COVID-19 WIKU ADISASMITO MEMINTA PEMDA MEMPERBAIKI MEKANISME OPERASIONAL LABORATORIUM TES COVID-19   KABUPATEN CIANJUR, JAWA BARAT, TERANCAM MASUK ZONA MERAH KARENA KASUS COVID-19 MELONJAK DRASTIS   SATGAS PENANGANAN COVID-19 AKAN TERUS PANTAU ZONA COVID-19 DI SEMUA DAERAH PENYELENGGARA PILKADA    MENDIKBUD NADIEM MAKARIM TEGASKAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA DIPERBOLEHKAN, TETAPI TIDAK DIWAJIBKAN   MENDIKBUD NADIEM MAKARIM: SEKOLAH BOLEH MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA DENGAN PENUHI SEJUMLAH SYARAT