Kompas TV klik360 internasional

Serangan Rudal Azerbaijan Menghantam Peralatan dan Fasilitas Tempur Armenia

Kamis, 29 Oktober 2020 | 11:35 WIB

NAGORNO-KARABAKH, KOMPASTV - Kementerian Pertahanan Azerbaijan merilis rekaman video yang menunjukkan beberapa tank dan peralatan militer Armenia yang ditelantarkan di sepanjang jalan, Rabu (28/10/20).

Dalam video itu terlihat 4 unit tank buatan Rusia, beberapa kendaraan jip, senapan laras panjang, kantung tidur, dan ribuan amunisi.

Kementerian Pertahanan Azerbaijan juga telah membagikan video yang menunjukkan serangan udara terhadap target yang diduga militer Armenia.

Baca Juga: Armenia dan Azerbaijan Sepakat Untuk Melakukan Gencatan Senjata

Nagorno-Karabakh terletak di Azerbaijan tetapi telah di bawah kendali pasukan etnis Armenia yang didukung oleh Armenia sejak perang di sana berakhir pada tahun 1994.

Pada saat itu, pasukan Armenia tidak hanya menguasai Nagorno-Karabakh sendiri tetapi juga menguasai wilayah yang cukup luas di luar perbatasan wilayah tersebut.

Baca Juga: PM Armenia Bakar Semangat Prajuritnya yang Akan Berangkat ke Garis Depan

Pertempuran yang dimulai 27 September 2020, telah melibatkan artileri berat, roket, dan pesawat tak berawak dalam eskalasi permusuhan terbesar di wilayah separatis dalam seperempat abad sejak perang berakhir.

Menurut pejabat Nagorno-Karabakh, 1.009 tentara mereka dan 39 warga sipil telah tewas dalam bentrokan sejauh ini, sementara 122 warga sipil terluka.

Baca Juga: Serangan Roket Armenia Tewaskan 10 Warga Azerbaijan dan Lukai 40 Lainnya

Pihak berwenang Azerbaijan belum mengungkapkan kerugian militer mereka, tetapi mengatakan pertempuran itu telah menewaskan 65 warga sipil dan melukai hampir 300 orang.

Penulis : Aryo bimo



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
01:38
BALAI KONSERVASI BOROBUDUR TUTUP 56 STUPA MENGGUNAKAN TERPAL UNTUK ANTISIPASI DAMPAK HUJAN ABU VULKANIK   BELUM BUKA LOWONGAN, PT TRANSJAKARTA: HATI-HATI PENIPUAN   WAGUB DKI MINTA PRESIDEN JOKOWI BUAT KEBIJAKAN UNTUK TEKAN ANGKA PENULARAN COVID-19 SAAT LIBUR AKHIR TAHUN   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY CEK RSUD JAYAPURA YANG AKAN MENJADI RUMAH SAKIT RUJUKAN PON 2021   MENTERI BASUKI HADIMULJONO GANDENG KPK DALAM MENGELOLA ANGGARAN INFRASTRUKTUR SEBESAR RP 150 TRILIUN   KASUS KORONA DI DKI TINGGI, SATGAS COVID-19 MINTA GUBERNUR ANIES BASWEDAN TINDAK PELANGGAR PROTOKOL KESEHATAN   KPK AJUKAN 600 IZIN PENYADAPAN UNTUK PANTAU PILKADA HINGGA ANGGARAN COVID-19   JELANG PENCOBLOSAN PILKADA, MENDAGRI MINTA DINAS DUKCAPIL TIDAK PERSULIT WARGA YANG INGIN MEMBUAT KTP ELEKTRONIK   GUBERNUR SRI SULTAN HAMENGKUBUWONO PERSILAKAN KPK USUT DUGAAN KORUPSI PEMBANGUNAN STADION MANDALA KRIDA    SATGAS PENANGANAN COVID-19: LIBUR PANJANG AKHIR TAHUN BERPOTENSI NAIKKAN PENULARAN KORONA   CEGAH PENYEBARAN COVID-19, GUBERNUR GANJAR PRANOWO USULKAN LIBUR AKHIR TAHUN DITIADAKAN   IRJEN NAPOLEON BONAPARTE SEBUT TOMMY SUMARDI SEMPAT TELEPON WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN DI HADAPANNYA   IRJEN NAPOLEON BONAPARTE SEBUT TOMMY SUMARDI MENGAKU TEMUI DIRINYA ATAS RESTU DARI KABARESKRIM POLRI   IRJEN NAPOLEON BONAPARTE BERTEMU TOMMY SUMARDI BERSAMA BRIGJEN PRASETIJO UTOMO DI RUANG KERJANYA