Kompas TV regional berita daerah

Cegah Kecelakaan Laut Bakamla Edukasi Nelayan

Kompas.tv - 28 Oktober 2020, 17:56 WIB
Penulis : KompasTV Manado

MANADO, KOMPAS.TV- Demi menekan angka kecelakaan laut, Badan Keamanan Laut Zona Maritim Tengah menggelar sosialisasi keselamatan pelayaran bagi nelayan dan pengguna jasa transportasi laut di Pelabuhan Perikanan Tumumpa kota Manado pada Selasa pagi.

Sosialisasi terkait keselamatan pelayaran ini bertujuan untuk menekan kasus kecelakaan kapal, terutama yang disebabkan faktor kelalaian manusia serta faktor cuaca buruk. Apalagi saat ini tengah terjadi fenomena La Lina di Samudera Pasifik dengan intensitas sedang, dimana kondisi ini berpotensi meningkatkan curah hujan di sebagian besar wilayah Indonesia.

Sosialisasi ini turut dihadiri pihak unit pelaksana teknis daerah Balai Pelabuhan Perikanan Pantai Tumumpa dan Basarnas Manado.

Dalam sosialisasi ini, Kepala Bidang Operasi Bakamla Zona Maritim Tengah Kolonel Bakamla Ahmad Muharam, menyampaikan pentingnya kesiapsiagaan awak kapal maupun ABK dalam upaya preventif, yakni menyiapkan alat kelengkapan sesuai prosedur yang digunakan ketika dalam keadaan darurat saat di laut.

Para nelayan dan pengguna jasa transportasi laut wajib melakukan pengecekan kondisi kapal, cek prakiraan cuaca, cek peralatan  komunikasi, kelengkapan P3K serta alat keselamatan kapal yang disebut Emergency Position-Indicating Radio Beacon atau EPIRB sebelum melaut.

Dalam kegiatan ini, Bakamla turut melakukan peninjauan di salah satu kapal ikan untuk memeriksa sejumlah peralatan kelengkapan yang wajib disiapkan nelayan sebelum melaut.

Bakamla Zona Maritim Tengah merilis, sepanjang tahun 2019 lalu terjadi sebanyak 19 kasus kecelakaan laut di perairan Sulawesi Utara. Mayoritas kecelakaan tersebut disebabkan faktor cuaca buruk, meskipun ada juga kecelakaan yang disebabkan Human Error.

#kompastvmanado #bakamla #sosialisasi

 

Saksikan Siaran Kompastv :

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.