Kompas TV regional berita daerah

Cegah Kecelakaan Laut Bakamla Edukasi Nelayan

Rabu, 28 Oktober 2020 | 17:56 WIB

MANADO, KOMPAS.TV- Demi menekan angka kecelakaan laut, Badan Keamanan Laut Zona Maritim Tengah menggelar sosialisasi keselamatan pelayaran bagi nelayan dan pengguna jasa transportasi laut di Pelabuhan Perikanan Tumumpa kota Manado pada Selasa pagi.

Sosialisasi terkait keselamatan pelayaran ini bertujuan untuk menekan kasus kecelakaan kapal, terutama yang disebabkan faktor kelalaian manusia serta faktor cuaca buruk. Apalagi saat ini tengah terjadi fenomena La Lina di Samudera Pasifik dengan intensitas sedang, dimana kondisi ini berpotensi meningkatkan curah hujan di sebagian besar wilayah Indonesia.

Sosialisasi ini turut dihadiri pihak unit pelaksana teknis daerah Balai Pelabuhan Perikanan Pantai Tumumpa dan Basarnas Manado.

Dalam sosialisasi ini, Kepala Bidang Operasi Bakamla Zona Maritim Tengah Kolonel Bakamla Ahmad Muharam, menyampaikan pentingnya kesiapsiagaan awak kapal maupun ABK dalam upaya preventif, yakni menyiapkan alat kelengkapan sesuai prosedur yang digunakan ketika dalam keadaan darurat saat di laut.

Para nelayan dan pengguna jasa transportasi laut wajib melakukan pengecekan kondisi kapal, cek prakiraan cuaca, cek peralatan  komunikasi, kelengkapan P3K serta alat keselamatan kapal yang disebut Emergency Position-Indicating Radio Beacon atau EPIRB sebelum melaut.

Dalam kegiatan ini, Bakamla turut melakukan peninjauan di salah satu kapal ikan untuk memeriksa sejumlah peralatan kelengkapan yang wajib disiapkan nelayan sebelum melaut.

Bakamla Zona Maritim Tengah merilis, sepanjang tahun 2019 lalu terjadi sebanyak 19 kasus kecelakaan laut di perairan Sulawesi Utara. Mayoritas kecelakaan tersebut disebabkan faktor cuaca buruk, meskipun ada juga kecelakaan yang disebabkan Human Error.

#kompastvmanado #bakamla #sosialisasi

 

Saksikan Siaran Kompastv :

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara

Penulis : KompasTV Manado



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:57
POLRES INDRAGIRI HILIR, RIAU, TANGKAP 5 WNA ASAL NIGERIA ATAS DUGAAN KASUS PENIPUAN DARING   CEGAH KLASTER PILKADA, GUBERNUR RIDWAN KAMIL MINTA WARGA DISIPLIN JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN SAAT PENCOBLOSAN    HINGGA JUMAT, 27 NOVEMBER 2020, KASUS PASIEN POSITIF COVID-19 MENCAPAI 552.581 ORANG   ICW MENGATAKAN KOMITMEN SEBAGIAN BESAR PIMPINAN KPK MINIM TERHADAP PENCEGAHAN KORUPSI   ICW MENILAI TOLOK UKUR PERFORMA KPK HARUS DILIHAT DARI PERKARA YANG MENJADI TUNGGAKAN SELAMA INI   JELANG PILKADA SURABAYA, DISPENDUKCAPIL SURABAYA SURATI 71.550 WARGA UNTUK MELAKUKAN PEREKAMAN KTP ELEKTRONIK   PBNU TEGASKAN TIDAK ADA UNSUR KESENGAJAAN MENYINGKIRKAN GERBONG PA 212 DARI KEPENGURUSAN MUI 2020-2025   ASOPS KOGABWILHAN III MENGATAKAN PANGLIMA TNI MARSEKAL HADI TJAHJANTO AKAN BERTEMU TOKOH ADAT DI TIMIKA, PAPUA   HARI INI, PANGLIMA TNI MARSEKAL HADI TJAHJANTO MELAKUKAN KUNJUNGAN KERJA KE TIMIKA, PAPUA   PEMPROV DKI JAKARTA AKAN PASANG WIFI GRATIS DI SELURUH RW PADAT PENDUDUK   KPK GELEDAH KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN LEBIH DARI 15 JAM UNTUK KASUS DUGAAN SUAP EKSPOR BENUR   POLRI: TUJUH TAHANAN BARESKRIM YANG TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 DINYATAKAN SEMBUH   WHO PERINGATKAN SEMUA NEGARA UNTUK TETAP WASPADA MESKI KASUS COVID-19 MENGALAMI PENURUNAN   GUBERNUR JATIM KHOFIFAH INGATKAN MASYARAKAT UNTUK TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN MEMUTUS PENYEBARAN COVID -19