Kompas TV nasional sosial

Mahfud Nilai di Era Reformasi Tantangan Pancasila Semakin Berkembang

Kompas.tv - 28 Oktober 2020, 17:52 WIB
mahfud-nilai-di-era-reformasi-tantangan-pancasila-semakin-berkembang
Monumen Pancasila Sakti di kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur. (Sumber: KOMPAS/IWAN SETIYAWAN)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sejak runtuhnya pemerintahan Presiden Soeharto, tantangan Pancasila semakin berkembang.

Menkopolhukam Mahfud MD menilai dalam perjalan pasca-reformasi, Islam dan demokrasi berjalan seiringan. Masyarakat juga mulai bisa menikmati kebebasan berekspresi dan berkumpul.

Di sisi lain, dari kebebasan itu muncul gagasan ideologi khilafah dari pandangan beberapa orang yang mencita-citakan Indonesia sebagai negara Islam.

Baca Juga: Pancamandala, Kunci BPIP Membangun Sinergi Membumikan Pancasila

Gagasan tersebut sangat bertentangan dengan Pancasila. Apalagi gagasan itu muncul dari latar belakang penduduk Indonesia mayoritas kemudian harus diatur oleh ideologi negara berbasis Islam.

Mahfud menegaskan Pancasila telah menempatkan Islam di tempat tertinggi dengan meletakkan Ketuhanan Yang Maha Esa pada sila pertama.

"Pancasila telah menempatkan Islam di tempat tertinggi dengan meletakkan 'Ketuhanan Yang Maha Esa' pada sila pertama yang dekat dengan paradigma teokratis tanpa harus memasukkan syariah sebagai dasar negara," ucap Mahfud dalam seminar internasional virtual, Rabu (28/10/2020). Dikutip dari Kompas.com

Dalam menegakkan Pancasila sebagai Idiologi negara, Indonesia beruntung memiliki Ormas seperti Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah.

Baca Juga: Mahfud MD Akhirnya Balas Komentar Presiden Prancis yang Sudutkan Umat Islam

Menurutnya, NU dan Muhammadiyah mempunyai kontribusi yang terus mengemukakan pandangannya bahwa Pancasila selalu sejalan dengan Islam dan negara.

Hal ini, sambung Mahfud, menunjukkan bahwa Pancasila dengan Islam adalah dua mata uang yang sama membuat masyarakatnya menjadi damai.

“Pancasila sebagai makna yang sangat universal ini memberikan kehormatan bagi hak hak asasi manusia, dan ini perlu kita sukuri dan ini sudah diakui oleh dunia,” ujar Mahfud.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.