Kompas TV nasional sosial

PBNU: Di Tengah Pandemi Covid-19, Kegiatan Maulid Nabi Digelar Secara Daring

Selasa, 27 Oktober 2020 | 23:49 WIB
pbnu-di-tengah-pandemi-covid-19-kegiatan-maulid-nabi-digelar-secara-daring
Khatib Aam PBNU Yahya Cholil Staquf (Sumber: Tribunnews.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar secara daring di tengah pandemi Covid-19 saat ini telah banyak dilakukan.

Hal itu sebagaimana disampaikan Khatib Aam PBNU Yahya Cholil Staquf.

Baca Juga: PBNU Tegaskan Tetap Menolak UU Cipta Kerja yang Sudah Disahkan

"Sudah jarang sekali saya melihat peringatan maulid dengan kerumunan yang banyak, dan rata-rata sudah mengerti tentang jaga jarak, masker, dan sebagainya. Bahkan ada banyak kegiatan maulid yang dilakukan secara daring," ujar Yahya lewat kanal YouTube Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Selasa (27/10/2020). 

Yahya menyampaikan hal tersebut mengingat Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 29 Oktober. 

Yahya mengatakan, diperlukan infrastruktur yang memadai bagi masyarakat untuk bisa menggelar acara Maulid Nabi Muhammad SAW secara daring untuk mencegah terjadinya kerumunan massa yang dapat menjadi medium penularan Covid-19. 

Ia mengatakan, saat ini NU telah memasang sejumlah hotspot (titik akses) di desa-desa.

Baca Juga: Presiden Jokowi Utus Mensesneg Pratikno Temui PBNU dan MUI Jelaskan Omnibus Law Cipta Kerja

Dengan demikian, masyarakat bisa mengakses internet dari kediaman masing-masing dan dapat mengikuti acara maulid secara daring. 

"Dari NU, GP Ansor beberapa waktu lalu berupaya mengadakan fasilitas hotspot di pedesaan yang ini banyak di desa-desa yang masih butuh. Kemudian juga bagaimana kita membuat pos untuk memberikan penerangan (informasi Covid-19) sekaligus fasilitas (cuci tangan dan masker," tutur Yahya. 

Penulis : Deni Muliya

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
16:54
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19