Kompas TV regional berita daerah

Pemberlakuan Tarif Tol Manado-Bitung 30 Oktober 2020

Kompas.tv - 27 Oktober 2020, 18:50 WIB
Penulis : KompasTV Manado

MANADO, KOMPAS.TV - PT Jasamarga Manado-Bitung selaku pengelola jalan tol pertama di Sulawesi Utara secara resmi akan menerapkan tarif berbayar untuk setiap kendaraan.

Manajemen PT Jasamarga Manado-Bitung resmi mengumumkan pemberlakuan tarif untuk penggunaan jalan tol ruas Manado-Danowudu sepanjang 26 kilometer.  Tol ini sebelumnya beroperasi tanpa tarif  sejak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 29 September yang lalu.

Pemberlakuan tarif ini menyusul terbitnya surat keputusan Menteri Pupr no 1494 tanggal 14 Oktober 2020 tentang penetapan golongan jenis kendaraan bermotor dan besaran tarif tol pada jalan tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu.

Dalam konferensi persnya,  direktur utama PT Jasamarga Manado-Bitung George Manurung mengatakan  pemberlakukan tarif ini akan dimulai 30 Oktober  pukul 00.00 wita.

Jalan Tol Manado-Bitung menerapkan sistem transaksi tertutup,  yaitu tarif tol dikenakan proporsional atau sesuai jarak pengguna jalan  dengan besaran tarif senilai seribu seratus sebelas rupiah  per kilo meter.

Selain itu,  penetapan tarif juga memperhatikan golongan kendaraan mulai dari golongan satu hingga golongan lima.

Sebagai gambaran,  kendaraan golongan satu yang akan melintas untuk rute terjauh yakni 26 kilometer akan dikenakan tarif 29.500 rupiah. Sementara untuk lintasan terdekat yakni gerbang tol Manado ke gerbang tol Airmadidi atau sebaliknya akan dikenakan tarif sebesar 12.000.

Dengan sistem transaksi tertutup,  pt jasamarga manado-bitung  mengingatkan pengguna jalan akan pentingnya menggunakan satu uang elektronik yang sama dalam bertransaksi di gerbang masuk maupun gerbang keluar  serta memastikan saldo uang elektronik cukup untuk lintasan yang akan dilalui.

#kompastvmanado #tarif #tolmanadobitung

YANNEMIEKE SINGAL / KOMPAS TV MANADO SULAWESI UTARA

Saksikan Siaran Kompastv :

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.