Kompas TV regional berita daerah

Pemberlakuan Tarif Tol Manado-Bitung 30 Oktober 2020

Selasa, 27 Oktober 2020 | 18:50 WIB

MANADO, KOMPAS.TV - PT Jasamarga Manado-Bitung selaku pengelola jalan tol pertama di Sulawesi Utara secara resmi akan menerapkan tarif berbayar untuk setiap kendaraan.

Manajemen PT Jasamarga Manado-Bitung resmi mengumumkan pemberlakuan tarif untuk penggunaan jalan tol ruas Manado-Danowudu sepanjang 26 kilometer.  Tol ini sebelumnya beroperasi tanpa tarif  sejak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 29 September yang lalu.

Pemberlakuan tarif ini menyusul terbitnya surat keputusan Menteri Pupr no 1494 tanggal 14 Oktober 2020 tentang penetapan golongan jenis kendaraan bermotor dan besaran tarif tol pada jalan tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu.

Dalam konferensi persnya,  direktur utama PT Jasamarga Manado-Bitung George Manurung mengatakan  pemberlakukan tarif ini akan dimulai 30 Oktober  pukul 00.00 wita.

Jalan Tol Manado-Bitung menerapkan sistem transaksi tertutup,  yaitu tarif tol dikenakan proporsional atau sesuai jarak pengguna jalan  dengan besaran tarif senilai seribu seratus sebelas rupiah  per kilo meter.

Selain itu,  penetapan tarif juga memperhatikan golongan kendaraan mulai dari golongan satu hingga golongan lima.

Sebagai gambaran,  kendaraan golongan satu yang akan melintas untuk rute terjauh yakni 26 kilometer akan dikenakan tarif 29.500 rupiah. Sementara untuk lintasan terdekat yakni gerbang tol Manado ke gerbang tol Airmadidi atau sebaliknya akan dikenakan tarif sebesar 12.000.

Dengan sistem transaksi tertutup,  pt jasamarga manado-bitung  mengingatkan pengguna jalan akan pentingnya menggunakan satu uang elektronik yang sama dalam bertransaksi di gerbang masuk maupun gerbang keluar  serta memastikan saldo uang elektronik cukup untuk lintasan yang akan dilalui.

#kompastvmanado #tarif #tolmanadobitung

YANNEMIEKE SINGAL / KOMPAS TV MANADO SULAWESI UTARA

Saksikan Siaran Kompastv :

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara

Penulis : KompasTV Manado



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:14
PASIEN SEMBUH COVID-19 DI JATIM MENCAPAI 88,46 PERSEN, TERENDAH KASUS AKTIF DI ANTARA PROVINSI BESAR DI JAWA   KETUA DPR NILAI PENINGKATAN KESEJAHTERAAN GURU AKAN BERDAMPAK TERHADAP KUALITAS PENDIDIKAN INDONESIA   HARI GURU NASIONAL, KETUA DPR: KESEJAHTERAAN GURU, KHUSUSNYA GURU HONORER, HARUS JADI PERHATIAN PEMERINTAH   KOMPOLNAS: FAKTOR AGAMA TAK AKAN JADI SALAH SATU PERTIMBANGAN USULAN CALON KAPOLRI PENGGANTI JENDERAL IDHAM AZIS   MUI PUSAT AKAN GELAR MUNAS X DENGAN AGENDA UTAMA PERGANTIAN KETUA UMUM DAN PENGURUS DEWAN PIMPINAN MUI   KASUS COVID-19 MELONJAK, PRESIDEN PERANCIS EMMANUEL MACRON AKAN TERAPKAN JAM MALAM MULAI 15 DESEMBER 2020   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 1.984: 1.389 SEMBUH, 158 MENINGGAL DUNIA, DAN 437 DALAM PERAWATAN   JELANG PILKADA SERENTAK 2020, MENDAGRI TITO KARNAVIAN MINTA DUKCAPIL PROAKTIF LAYANI REKAM DATA KTP ELEKTRONIK   KEMENTAN TARGETKAN BANGUN HINGGA 4 PABRIK GULA DALAM 5 TAHUN KE DEPAN UNTUK REALISASIKAN SWASEMBADA GULA PADA 2023   JUBIR SATGAS COVID-19 WIKU ADISASMITO MEMINTA PEMDA MEMPERBAIKI MEKANISME OPERASIONAL LABORATORIUM TES COVID-19   KABUPATEN CIANJUR, JAWA BARAT, TERANCAM MASUK ZONA MERAH KARENA KASUS COVID-19 MELONJAK DRASTIS   SATGAS PENANGANAN COVID-19 AKAN TERUS PANTAU ZONA COVID-19 DI SEMUA DAERAH PENYELENGGARA PILKADA    MENDIKBUD NADIEM MAKARIM TEGASKAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA DIPERBOLEHKAN, TETAPI TIDAK DIWAJIBKAN   MENDIKBUD NADIEM MAKARIM: SEKOLAH BOLEH MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA DENGAN PENUHI SEJUMLAH SYARAT