Kompas TV regional berita daerah

Tata Taman Nasional Komodo, Pemerintah Tutup Pulau Rinca

Kompas.tv - 27 Oktober 2020, 16:07 WIB
Penulis : KompasTV Kupang

KUPANG, KOMPAS.TV - Foto seekor komodo yang terlihat menghadang sebuah truk berwarna hijau dan 2 orang pekerja di Loh Buaya, Pulau Rinca, Kabupaten Manggarai Barat, viral di media sosial.

Berbagai tanggapan muncul, terutama dari aktivis lingkungan hidup yang menganggap foto tersebut memperlihatkan penolakan komodo atas pembangunan eko park di Taman Nasional Komodo (TNK).

Kejadian dalam foto itu terjadi pada Kamis lalu, saat para pekerja memulai aktivitas di Pulau Rinca dan salah seorang wisatawan mengabadikan moment tersebut hingga viral di media sosial.

Menaggapi viralnya foto tersebut, Balai Taman Nasional Komodo  (BTNK) menyatakan, kejadian itu sebenarnya tidak seperti yang viral di media sosial, karena telah ada jalur khusus bagi kendaraan dan pekerja sehingga tidak mengganggu jalur lintasan komodo.

Berdasarkan data yang diperoleh, luas Pulau Rinca mencapai 20 ribu hektar. Dimana 500 hektarnya akan dibangun dermaga, pusat informasi wisatawan, elevated deck, dan rumah inap para ranger atau naturalist guide. Sementara itu, jumlah komodo di pulau tersebut mencapai 1300 ekor.

Pasca viralnya foto komodo yang menghadang truk pekerja, pihak BTNK Labuan Bajo langsung menutup sementara Pulau Rinca dari wisatawan hingga 30 Juni 2021.

#komodo #pulaurinca #wisatapremium



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x