Kompas TV regional berita daerah

Pestisida Ramah Lingkungan Terbuat dari Daun Mimba dan Sirsak

Kompas.tv - 27 Oktober 2020, 14:47 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Seorang mahasiswi di Kabupaten Jember Jawa Timur berhasil meracik cairan pestisida dari daun mimba. Selain murah, insektisida ini ramah lingkungan sehingga tidak merusak tanaman.

Berawal dari semakin mahalnya harga pestisida di pasaran, Arifatus Sakdiyah, mahasiswi Politeknik Negeri Jember ini berhasil meracik pestisida ramah lingkungan.Bahan yang digunakan adalah daun mimba, daun sirsak, bawang putih, kencur dan detergen bubuk yang mudah didapat di sekitar rumah.

Proses pembuatannya sederhana, yakni haluskan daun mimba, daun sirsak, bawang putih dan kencur menggunakan blender. Lalu campur dengan detergen bubuk. Untuk satu liter insektisida membutuhkan 50 gram daun mimba, 50 gram daun sirsak, 3 siung atau setara dengan 15 gram bawang putih, 15 gram kencur dan 10 gram detergen bubuk.

Arifatus Sakdiyah mengatakan bahwa dalam kandungan daun mimba, daun sirsak, bawang putih dan kencur terdapat zat yang dapat menghambat pertumbuhan hama dan larva juga tidak akan menetas dan akan terjadi racun kontak sehingga hama mati.

“Biaya yang dikeluarkan tak lebih dari 20 ribu rupiah untuk satu liter pestisida daun mimba” ujar mahasiswi jurusan produksi pertanian program studi produksi tanaman hortikultura.

Pestisida daun mimba digunakan dengan cara disemprot pada tumbuhan minimal 2 kali sehari selama kurang lebih 7 hari.

Selain ramah lingkungan, pestisida daun mimba ini tidak menimbulkan residu atau endapan sehingga tidak merusak tanaman.

#Pestisida #DaunMimba #DaunSirsak #Jember #Mahasiswi

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x