Kompas TV nasional berita kompas tv

Waspada! BMKG Prediksi Adanya Cuaca Ekstrem, Ini Penjelasannya

Kompas.tv - 26 Oktober 2020, 21:15 WIB

KOMPAS.TV - Tanggul sungai karanganyar di Kebumen, Jawa Tengah, jebol. Alirannya yang meluap merendam 5 desa.

Banjir terjadi sejak Senin dini hari (25/10/2020)

Permukiman warga di Desa Jatiluhur, Plarangan, Candi, Panjatan, dan kelurahan Karanganyar, terendam banjir setinggi sekitar 50 sentimeter.

Sejumlah warga mengungsi, dan banjir diprediksi masih terjadi karena tanggul yang jebol belum diperbaiki, dan curah hujan masih tinggi. 

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG)  mengimbau warga waspada menghadapi potensi cuaca ekstrem yang terjadi di sejumlah wilayah Indonesia, selama 3 hari ke depan.

Fenomena cuaca ekstrem yang perlu diwaspadai di antaranya hujan lebat disertai kilat, angin kencang dan puting beliung.

Cuaca ekstrem diprediksi terjadi di sejumlah daerah, termasuk di wilayah Jabodetabek.

Dilansir web.meteo.bmkg.go.id, Bibit Siklon Tropis 98W terpantau di Samudra Pasifik Timur Filipina yang secara tidak langsung membentuk konvergensi memanjang dari Sumatera Barat hingga Riau, dari Lampung hingga Jambi, dan di Flipina bagian Selatan.

Hal tersebut dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di sekitar sistem dan di sepanjang daerah konvergensi.

Selain itu, daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) juga terpantau memanjang dari Jawa Timur hingga Jawa Tengah, di NTT, dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Timur, dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah yang dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi tersebut. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x