Kompas TV regional berita daerah

Rutan Makassar Berikan Pemeriksaan Kesehatan Gratis Kepada Masayarakat

Senin, 26 Oktober 2020 | 19:18 WIB
rutan-makassar-berikan-pemeriksaan-kesehatan-gratis-kepada-masayarakat
Pemeriksaan kesehatan ini meliputi meliputi pemeriksaan tensi, gula darah, kolesterol. Selain itu juga dilakukan rapid tes bagi masyarakat yang ingin melakukan pengecekan awal terkait Covid-19. Juga dilakukan layanan terhadap bayi dan anak-anak. (Sumber: HUMAS KEMENKUMHAM SULSEL)

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Petugas Medis Rutan Kelas I Makassar berikan pengobatan gratis kepada masyarakat yang berkunjung dalam rangka memperingati Hari Dharma Karyadhika atau Hari Ulang Tahun Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia dengan mengangkat Tema Rutan Makassar Peduli. 

Pemeriksaan kesehatan ini meliputi meliputi pemeriksaan tensi, gula darah, kolesterol. Selain itu juga dilakukan rapid tes bagi masyarakat yang ingin melakukan pengecekan awal terkait Covid-19. Juga dilakukan layanan terhadap bayi dan anak-anak.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Rutan Kelas I Makassar, Sulistiyadi  saat  memantau pelaksanaan kegiatan pengobatan gratis di halaman Rutan Makassar, Kamis, (22/10/2020).

Tenaga Kesehatan dari Klinik DR. Saharjo Rutan Makassar terdiri dari 2 dokter umum, 2 dokter gigi dengan 6 perawat serta 1 apoteker. “Diharapkan kegiatan ini dapat memberi manfaat bagi masyarakat sekitar, maupun keluarga warga binaan yang pada hari ini mengantarkan titipan makanan sebagai pengganti besukan,” Ujar Sulis.

Data yang diperoleh dari Tenaga Kesehatan Rutan Makassar, jenis layanan yang diberikan kepada masyarakat berupa, Konsultasi dan  Pengobatan sebanyak 68 orang, Pemeriksaan Gula Darah Sewaktu (GDS), Cholestrol, Asam Urat sebanyak 52 orang, Pemeriksaan Rapid Test sebanyak 7 orang dengan hasil NR, dan Penimbangan bayi sebanyak 2 Orang. “Itu adalah jumlah rata-rata pemeriksaan kesehatan Rutan Makassar, tiap harinya” Ungkap Sulis.

Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, Darmansyah mengatakan pekan ini memang akan fokus pada beberapa kegiatan dalam rangka menyambut HUT Kemenkumham 2020 (Sumber: HUMAS KEMENKUMHAM SULSEL)

Sementara itu, Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, Darmansyah mengatakan pekan ini memang akan fokus pada beberapa kegiatan dalam rangka menyambut HUT Kemenkumham 2020. “Kemarin kami juga telah mengadakan penyuluhan dan pengobatan massal terhadap warga binaan, dilanjutkan hari ini pengobatan gratis kepada masyarakat luar. Dan esok Kamis rencana akan diadakan perkemahan warga binaan, Anggota Pramuka bersama Kwarcab Kota Makassar di lapangan dalam Rutan,” Terang Darmansyah selaku koordinator kegiatan.

Arsyad, salah satu pengunjung yang mengikuti pemeriksaan Kesehatan mengapresiasi yang dilakukan Rutan Makassar atas kepedulian terhadap Kesehatan masyarakat. “Saya sebagai warga masyarakat mengucapkan banyak terima kasih atas kegiatan peduli ini, apalagi di tengah pandemi seperti ini yang banyak masyarakat butuhkan adalah pemeriksaan kesehatan,” Ujarnya.

#HariDharmaKaryadhika
#KANWILKUMHAM
#LAPASMAKASSAR

Penulis : KompasTV Makassar

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:12
PASIEN SEMBUH COVID-19 DI JATIM MENCAPAI 88,46 PERSEN, TERENDAH KASUS AKTIF DI ANTARA PROVINSI BESAR DI JAWA   KETUA DPR NILAI PENINGKATAN KESEJAHTERAAN GURU AKAN BERDAMPAK TERHADAP KUALITAS PENDIDIKAN INDONESIA   HARI GURU NASIONAL, KETUA DPR: KESEJAHTERAAN GURU, KHUSUSNYA GURU HONORER, HARUS JADI PERHATIAN PEMERINTAH   KOMPOLNAS: FAKTOR AGAMA TAK AKAN JADI SALAH SATU PERTIMBANGAN USULAN CALON KAPOLRI PENGGANTI JENDERAL IDHAM AZIS   MUI PUSAT AKAN GELAR MUNAS X DENGAN AGENDA UTAMA PERGANTIAN KETUA UMUM DAN PENGURUS DEWAN PIMPINAN MUI   KASUS COVID-19 MELONJAK, PRESIDEN PERANCIS EMMANUEL MACRON AKAN TERAPKAN JAM MALAM MULAI 15 DESEMBER 2020   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 1.984: 1.389 SEMBUH, 158 MENINGGAL DUNIA, DAN 437 DALAM PERAWATAN   JELANG PILKADA SERENTAK 2020, MENDAGRI TITO KARNAVIAN MINTA DUKCAPIL PROAKTIF LAYANI REKAM DATA KTP ELEKTRONIK   KEMENTAN TARGETKAN BANGUN HINGGA 4 PABRIK GULA DALAM 5 TAHUN KE DEPAN UNTUK REALISASIKAN SWASEMBADA GULA PADA 2023   JUBIR SATGAS COVID-19 WIKU ADISASMITO MEMINTA PEMDA MEMPERBAIKI MEKANISME OPERASIONAL LABORATORIUM TES COVID-19   KABUPATEN CIANJUR, JAWA BARAT, TERANCAM MASUK ZONA MERAH KARENA KASUS COVID-19 MELONJAK DRASTIS   SATGAS PENANGANAN COVID-19 AKAN TERUS PANTAU ZONA COVID-19 DI SEMUA DAERAH PENYELENGGARA PILKADA    MENDIKBUD NADIEM MAKARIM TEGASKAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA DIPERBOLEHKAN, TETAPI TIDAK DIWAJIBKAN   MENDIKBUD NADIEM MAKARIM: SEKOLAH BOLEH MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA DENGAN PENUHI SEJUMLAH SYARAT