Kompas TV klik360 cerita indonesia

Sri Mulyani Beberkan Praktik Calo Anggaran

Senin, 26 Oktober 2020 | 19:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati membongkat praktik calo anggaran pada Kementerian Keuangan yang terjadi beberapa tahun silam.

“pada 2005, terjadi antrean panjang di berbagai kantor perbendaharaan Kemenkeu. Ia bilang bahwa mereka yang ingin mencairkan anggaran di Kemenkeu harus mengantre tanpa kepastian dokumentasi mereka akan diproses.”ucap Menkeu Sri Mulyani, dalam tayangan Youtube BPPK Kemenkeu RI dalam acara Kemenkeu Corpu Talk episode 19, pada Senin (26/10/2020).

Kala itu, kementerian yang dipimpinnya memiliki reputasi tidak baik karena diwarnai dengan praktik korupsi terselubung.

“Kalau saya lihat semua di kantor-kantor perbendaharaan waktu itu banyak sekali orang antre bawa map, kemudian muncullah calo-calo untuk bisa mencairkan anggaran, sehingga reputasi kalau mau pergi dan mengurus pencairan anggaran anda perlu untuk membawa map yang isinya sebetulnya uang sogokan”kata Sri Mulyani.

"Kita tidak pernah tahu ada di urutan berapa, sehingga tidak ada kepastian pelayanan dan perbaikan pelayanan. Itu titik awal kita waktu kita melakukan reformasi perbendaharaan," tambahnya.

Dengan kejadian seperti itu, Sri Mulyani mulai mereformasi dengan melakukan front office, middle office, dan back office.

Tujuannya untuk memberikan pelayanan yang transparan.

Penulis : Yuilyana



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:39
INDONESIA DORONG PENYELESAIAN NOTA KESEPAHAMAN DENGAN MALAYSIA PERIHAL PERLINDUNGAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA   KEMENLU PULANGKAN 43 PEKERJA MIGRAN INDONESIA YANG DIDUGA KORBAN PERDAGANGAN ORANG DI ARAB SAUDI   SEPANJANG 2020, DENSUS 88 TANGKAP 32 ORANG TERDUGA TERORISME JARINGAN MUJAHIDIN INDONESIA TIMUR (MIT)    PUSKESMAS TEJA, PAMEKASAN, JATIM, DITUTUP SELAMA 2 PEKAN SETELAH 3 TENAGA MEDIS POSITIF KORONA   DINKES GUNUNG KIDUL, YOGYAKARTA, IZINKAN 42 PASIEN POSITIF KORONA JALANI ISOLASI MANDIRI DI RUMAH   SEBANYAK 14 ANGGOTA KPPS GUNUNG KIDUL, YOGYAKARTA, POSITIF TERINFEKSI KORONA   SEBANYAK 9 ANGGOTA DEWAN ARSITEK INDONESIA RESMI DIKUKUHKAN   WAPRES MA'RUF AMIN PASTIKAN MERGER 3 BANK SYARIAH DIDUKUNG SDM YANG MUMPUNI   DINKES KUDUS, JATENG: 1 LAGI GURU SMPN 3 JEKULO MENINGGAL KARENA KORONA, TOTAL ADA 4 GURU MENINGGAL   GUBERNUR JAWA BARAT RIDWAN KAMIL SEBUT JABAR DIPREDIKSI KRISIS PANGAN PADA 2021   GUBERNUR BI PERRY WARJIYO PROYEKSIKAN PERTUMBUHAN KREDIT PERBANKAN TAHUN DEPAN MENCAPAI 9%   POSITIF TERINFEKSI COVID-19, MENAKER IDA FAUZIYAH JADI MENTERI KEEMPAT YANG TERKENA KORONA   MENKES TERAWAN AGUS PUTRANTO DILAPORKAN KE OMBUDSMAN KARENA TAK MERESPONS DESAKAN REVISI PP TENTANG TEMBAKAU   GELAR OTT, KPK TANGKAP BUPATI BANGGAI LAUT, SULTENG, WENNY BUKAMO