Kompas TV video cerita indonesia

Sri Mulyani Beberkan Praktik Calo Anggaran

Kompas.tv - 26 Oktober 2020, 19:01 WIB
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati membongkat praktik calo anggaran pada Kementerian Keuangan yang terjadi beberapa tahun silam.

“pada 2005, terjadi antrean panjang di berbagai kantor perbendaharaan Kemenkeu. Ia bilang bahwa mereka yang ingin mencairkan anggaran di Kemenkeu harus mengantre tanpa kepastian dokumentasi mereka akan diproses.”ucap Menkeu Sri Mulyani, dalam tayangan Youtube BPPK Kemenkeu RI dalam acara Kemenkeu Corpu Talk episode 19, pada Senin (26/10/2020).

Kala itu, kementerian yang dipimpinnya memiliki reputasi tidak baik karena diwarnai dengan praktik korupsi terselubung.

“Kalau saya lihat semua di kantor-kantor perbendaharaan waktu itu banyak sekali orang antre bawa map, kemudian muncullah calo-calo untuk bisa mencairkan anggaran, sehingga reputasi kalau mau pergi dan mengurus pencairan anggaran anda perlu untuk membawa map yang isinya sebetulnya uang sogokan”kata Sri Mulyani.

"Kita tidak pernah tahu ada di urutan berapa, sehingga tidak ada kepastian pelayanan dan perbaikan pelayanan. Itu titik awal kita waktu kita melakukan reformasi perbendaharaan," tambahnya.

Dengan kejadian seperti itu, Sri Mulyani mulai mereformasi dengan melakukan front office, middle office, dan back office.

Tujuannya untuk memberikan pelayanan yang transparan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x