Kompas TV regional berita daerah

Polisi Tanam Sayur untuk Bantu Warga di Masa Pandemi

Kompas.tv - 26 Oktober 2020, 15:16 WIB
Penulis : Merlion Gusti

BUTON TENGAH, KOMPAS.TV - Seorang anggota polisi dari Polsek Mawasangka Timur, Buton Tengah, Sulawesi Tenggara, menanam berbagai jenis sayur di lahan warga. 

Sayuran yang telah berhasil dipanen, kemudian berikan secara gratis kepada warga kurang mampu terutama yang terdampak pandemi covid-19.

Bripka Mohamad Dhani Rimanda, merupakan anggota Bhabinkamtibmas dari Polsek Mawasangka Timur, Buton Tengah, Sulawesi Tenggara. 

Sejak beberapa bulan terakhir, ia mulai menanam beragam jenis sayur di lahan warga.

Sayuran yang telah berhasil dipanen, kemudian diberikan secara gratis kepada warga lansia dan warga yang kurang mampu guna membantu perekonomian warga desa batu banawa, yang terdampak pandemi covid-19.

Ide menanam sayur ini awalnya muncul ketika ia melihat desa batu banawa merupakan perkampungan nelayan yang tak mempunyai lahan pertanian karena daerah bebatuan.

Kebutuhan sayur mayur, dipasok dari luar daerah. Namun karena selama pandemi, pasokan sayur berhenti.

Dhani pun berinisiatif dengan mendirikan rumah ketahanan pangan untuk bercocok tanam yang menggunakan lahan warga seluas 20 kali 50 meter.

Bersama dengan babinsa dan warga setempat, ia mulai menanam beragam jenis sayuran seperti kangkung, sawi, bayam, hingga cabai rawit.

Selain dibagikan kepada warga, hasil panen sayur juga disimpan di rak tepi jalan, sehingga warga yang membutuhkan langsung dapat mengambilnya.

Adanya rumah ketahanan pangan di desa batu banawa, diharapkan dapat menginspirasi sesama, untuk saling tolong menolong.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x