Kompas TV regional berita daerah

Unik, Perhiasan Cantik ini Terbuat dari ASI

Kompas.tv - 26 Oktober 2020, 13:48 WIB
Penulis : KompasTV Surabaya

Surabaya, KompasTV Jawa Timur - Anya Almira, seorang perajin perhiasan dari Surabaya. Bukan sembarang perhiasan yang ia buat, melainkan perhiasan dari ASI alias air susu ibu. 

Ide ini ia dapatkan dari banyaknya stok ASI saat ia melahirkan anak pertama. Beberapa diantaranya bahkan sempat basi dan terpaksa dibuang. Berangkat dari situasi inilah Anya akhirnya mulai mencoba berkreasi membuat perhiasan dari ASI. 

Untuk menghasilkan perhiasan yang cantik tak perlu banyak ASI. Hanya beberapa mililiter saja perhiasan bisa tercipta. Bagian ASI yang kental biasanya menghasilkan perhiasan yang lebih kuat. 

Cara membuatnya, ASI yang kental dikeringkan hingga menjadi bubuk. Kemudian diberi cairan kimia sebagai pengikat bubuk ASI. Setelahnya aduk perlahan hingga seluruhnya tercampur, dan tuangkan ke cetakan sesuai bentuk yang diinginkan.

Meskipun cara membuatnya cukup mudah, namun proses pembuatannya bisa memakan waktu hingga 4 hari untuk memadatkan ASI.

Terakhir, ASI yang telah padat bisa dikreasikan sebagai batu perhiasan.

Bisnis perhiasan ASI ini telah digeluti Anya selama 4 tahun terakhir. Selain di Surabaya, pesanan perhiasan ASI Anya juga telah dikirim hingga ke Singapura.

Harga satuan perhiasan pun dipatok mulai dari 700 ribu rupiah, harga tergantung bahan dan model perhiasan.

“Pemesan biasanya custom, jadi mereka pesan perhiasan yang bisa mereka pakai setiap hari. Biasanya juga disimpan untuk anaknya kelak jika sudah besar. Harganya bervariasi, kalau dari Silver itu mulai 700 ribu rupiah, kalau dari Emas lebih mahal lagi. Pesanan sampai dari Singapura.” Pungkas Anya.

 

#Surabaya #Jatim #Perhiasan #ASI #Bisnis #Unik

MEDIA SOSIAL KOMPAS TV JAWA TIMUR :

facebook :https://www.facebook.com/kompastvjatim

instagram :https://www.instagram.com/kompastvjatim

twitter :https://twitter.com/kompastvjatim 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x