Kompas TV regional berita daerah

Kain Tenunan Khas Bali Dilirik Rumah Mode Dunia

Senin, 26 Oktober 2020 | 11:18 WIB

Klungkung, KOMPASTV - Berbagai Kesenian Hingga Kearifan Lokal Di Miliki Indonesia , Salah Satunya Bisa Kita Jumpai Di Kabupaten Klungkung , Bali , Yakni Kerajinan Kain Tenunan Cag-Cag , Kain Tenunan Ini Kini Telah Menbus Pasar Dunia .

Untuk Melestarikan Dan Mengenalkan Kain Tenun Khas Klungkung Bali Seorang Perajin Kain Tenun Tetap Menjalakan Usahanya Di Tengah Pandemi Covid-19 .

Usaha Yang Telah Dimulai Sejak Tahun 1986 Hingga Kini Masih Tetap Eksis , Bahkan Karyanya Telah Tembus Pasar International , Meskipun Masih Menggunakan Alat Tradisional / I Nyoman Sudira Mengaku Tidak Menemui Kendala Di Bidang Produksi . Hanya Saja Saat Pandemi , Daya Beli Masyarakat Yang Menurun Menyebabkan Omzetnya Juga Ikut Menurun .

Meskipun Demikian , Nyoman Sudira Tetap Bersyukur , Karena Kain Tenun Kini Tengah Dilirik Oleh Rumah Moda Kenamaan Eropa , Christian Dior , Hal Ini Tentu Akan Mengangkat Nama Kain Tenun Itu Sendiri , Dan Dapat Berdampak Baik Bagi Usahanya .

Berbagai Jenis Kain Di Produksi Di Tempat Usahanya Mulai Dari Sutra , Mastuli Hingga Tenun Cag-Cag Yang Dulu Sempat Ditinggalkan Masyarakat . Harganya Pun Bervariasi Mulai Dari 90 Ribu Rupiah Hingga 8 Juta Rupiah

#klungkung #kaintenun #modedunia

Penulis : KompasTV Dewata



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:50
MENDESA PDTT ABDUL HALIM ISKANDAR INGATKAN KEPALA DESA HARUS NETRAL SAAT PILKADA 2020   KOMNAS PEREMPUAN: KEKERASAN BERBASIS GENDER DALAM DARING MENINGKAT SAAT PANDEMI COVID-19   PGRI DUKUNG RENCANA PEMBELAJARAN TATAP MUKA PADA JANUARI 2021   MENRISTEK BAMBANG BRODJONEGORO HARAP VAKSIN MERAH PUTIH DIDISTRIBUSIKAN DI TRIWULAN KE-4 2021   SATGAS COVID-19 NILAI PENULARAN COVID-19 TERJADI KETIKA ADA KERUMUNAN   SATGAS COVID-19 SALURKAN ALAT MATERIAL KESEHATAN KE DAERAH UNTUK GENCARKAN 3T   PMI: TAK ADA PENULARAN COVID-19 LEWAT DARAH, MASYARAKAT TETAP BISA DONOR DARAH   PEMPROV LAMPUNG SIAP LAKUKAN SIMULASI VAKSIN COVID-19   PANGLIMA TNI MARSEKAL HADI TJAHJANTO TEGASKAN PERBEDAAN POLITIK JANGAN PUDARKAN PERSATUAN   KPU DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA PASTIKAN SELURUH PETUGAS KPPS BEBAS DARI COVID-19   KEMENDIKBUD SEBUT SELEKSI GURU PPPK BERDASARKAN KOMPETENSI   KEMENDIKBUD: ORANGTUA PERLU BERI KETELADANAN DALAM PENGGUNAAN GAWAI DI DEPAN ANAK   GUBERNUR KEPULAUAN BABEL ERZALDI ROSMAN: PANDEMI JADI PELUANG INOVASI DUNIA PENDIDIKAN UNTUK SDM LEBIH UNGGUL   PEMKOT BOGOR DALAMI DUGAAN PELANGGARAN PROSEDUR TES USAP RIZIEQ SHIHAB