Kompas TV regional berita daerah

Kain Tenunan Khas Bali Dilirik Rumah Mode Dunia

Kompas.tv - 26 Oktober 2020, 11:18 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

Klungkung, KOMPASTV - Berbagai Kesenian Hingga Kearifan Lokal Di Miliki Indonesia , Salah Satunya Bisa Kita Jumpai Di Kabupaten Klungkung , Bali , Yakni Kerajinan Kain Tenunan Cag-Cag , Kain Tenunan Ini Kini Telah Menbus Pasar Dunia .

Untuk Melestarikan Dan Mengenalkan Kain Tenun Khas Klungkung Bali Seorang Perajin Kain Tenun Tetap Menjalakan Usahanya Di Tengah Pandemi Covid-19 .

Usaha Yang Telah Dimulai Sejak Tahun 1986 Hingga Kini Masih Tetap Eksis , Bahkan Karyanya Telah Tembus Pasar International , Meskipun Masih Menggunakan Alat Tradisional / I Nyoman Sudira Mengaku Tidak Menemui Kendala Di Bidang Produksi . Hanya Saja Saat Pandemi , Daya Beli Masyarakat Yang Menurun Menyebabkan Omzetnya Juga Ikut Menurun .

Meskipun Demikian , Nyoman Sudira Tetap Bersyukur , Karena Kain Tenun Kini Tengah Dilirik Oleh Rumah Moda Kenamaan Eropa , Christian Dior , Hal Ini Tentu Akan Mengangkat Nama Kain Tenun Itu Sendiri , Dan Dapat Berdampak Baik Bagi Usahanya .

Berbagai Jenis Kain Di Produksi Di Tempat Usahanya Mulai Dari Sutra , Mastuli Hingga Tenun Cag-Cag Yang Dulu Sempat Ditinggalkan Masyarakat . Harganya Pun Bervariasi Mulai Dari 90 Ribu Rupiah Hingga 8 Juta Rupiah

#klungkung #kaintenun #modedunia



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x