Kompas TV internasional kompas dunia

Italia Berlakukan Aturan Pembatasan Baru Mulai Hari Ini

Kompas.tv - 26 Oktober 2020, 04:02 WIB
italia-berlakukan-aturan-pembatasan-baru-mulai-hari-ini
Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte mengumumkan aturan baru untuk menekan penyebaran COVID-19, Roma, Minggu, 25 Oktober 2020. Setidaknya selama sebulan ke depan, warga harus memakai masker di seluruh Italia. Pusat kebugaran, bioskop dan resort ski ditutup, serta diberlakukan jam malam untuk restoran. (Sumber: LaPresse via AP)
Penulis : Tussie Ayu

ROMA, KOMPAS.TV - Pemerintah Italia memberlakukan setidaknya satu bulan pembatasan baru di seluruh negeri pada hari Minggu (26/10/2020). Kebijakan ini diberlakukan untuk menghambat penyebaran virus corona yang kembali meningkat.

Pemerintah Italia menutup gym, kolam renang dan bioskop, serta memberlakukan jam malam lebih awal di kafe dan restoran. Selain itu, pemerintah juga memberlakukan aturan agar warga tetap memakai masker, meski sedang beraktivitas di luar ruangan.

Aturan ini berlaku pada Senin (26/10/2020) hingga 24 November mendatang.

Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte memilih untuk tidak melakukan penguncian (lockdown) besar-besaran di seluruh negeri, karena khawatir akan melumpuhkan perekonomian Italia.

Sebelumnya, perekonomian Italia memang sudah stagnan, terutama setelah negara ini melakukan 10 minggu penguncian yang ketat di awal pandemi.

"Tujuan kami adalah melindungi kesehatan dan ekonomi," kata Conte seperti dilansir dari the Associated Press.

Baca Juga: Berlakukan Jam Malam, Milan Seperti Kota Hantu

Pada hari Sabtu lalu, Italia telah melampaui setengah juta kasus virus corona yang terkonfirmasi sejak Februari lalu. Italia merupakan negara pertama di Eropa yang dilanda pandemi.

Pada hari Minggu, Italia melaporkan 21.273 kasus baru yang terkonfirmasi. Pada Sabtu lalu, terdapat 128 kematian karena Covid-19. Sejauh ini, Italia telah melaporkan total 37.338 kematian akibat virus. Jumlah ini merupakan kematian tertinggi kedua di Eropa setelah Inggris.

Pemilik restoran dan bar berusaha melobi pemerintah sehubungan dengan aturan yang mengharuskan mereka untuk tutup pada pukul 6 sore. Pasalnya, sebagian restoran di Italia biasanya bahkan baru mulai dibuka pada jam 8 malam.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x