Kompas TV internasional kompas dunia

Sekjen PBB: Covid-19 Adalah Krisis Terbesar di Masa Kita

Kompas.tv - 26 Oktober 2020, 03:19 WIB
sekjen-pbb-covid-19-adalah-krisis-terbesar-di-masa-kita
Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa Antonio Guterres. (Sumber: AFP/JEAN-GUY PYTHON)
Penulis : Tussie Ayu

BERLIN, KOMPAS.TV - Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Gutteres mengatakan bahwa pandemi Covid-19 adalah krisis terbesar di zaman kita. Pernyataan ini disampaikannya ketika membuka sesi online Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Kesehatan Dunia, Minggu (25/10/2020).

Sehubungan dengan itu, Antonio Guterres juga menyerukan untuk membangun solidaritas dunia dalam krisis global yang sedang kita hadapi ini. Ia juga menuntut kepada negara-negara maju untuk mendukung sistem kesehatan di negara-negara yang kekurangan sumber daya.

Baca Juga: Sama-sama Dilanda Covid-19, AS dan Eropa Gunakan Kebijakan yang Kontras

Pandemi virus korona adalah tema umum KTT, yang semula dijadwalkan di Berlin, namun kini dilaksanakan secara daring. Beberapa pemimpin dan pakar yang berbicara pada pembukaan tersebut menekankan perlunya kerja sama lintas batas.

“Tidak ada yang aman dari Covid-19. Tidak ada yang aman sampai kita semua aman darinya, ”kata Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier seperti dilansir dari the Associated Press.

Baca Juga: Eropa Dilanda Rekor Covid-19, Aturan Baru Diberlakukan

“Bahkan mereka yang telah mengendalikan virus di dalam perbatasannya sendiri, saat ini tetap menjadi tahanan di dalam perbatasan negaranya, sampai virus itu bisa dikendalikan di seluruh dunia.”

Hingga saat ini, lebih dari 42 juta orang telah terinfeksi virus dan lebih dari 1 juta orang telah meninggal karena Covid.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x