Kompas TV nasional politik

Pesan SBY kepada Ketua Umum dan Kader Demokrat Setelah UU Cipta Kerja Disahkan

Kompas.tv - 26 Oktober 2020, 06:00 WIB
pesan-sby-kepada-ketua-umum-dan-kader-demokrat-setelah-uu-cipta-kerja-disahkan
Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat orasi di Jakarta Convention Center, Jakarta, Selasa (7/2/2017). SBY menyampaikan pidato politik dalam rangkaian Dies Natalies ke 15 partai Demokrat yang diawali Rapimnas. (Sumber: KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI)
Penulis : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sesepuh dan pendiri Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berpesan kepada Ketua Umum dan kadernya.

Pesan SBY kepada Ketua Umum dan Seluruh Kader Demokrat Setelah UU Cipta Kerja Disahkan.

Baca Juga: Partai Demokrat: Polisi Jangan Bertindak Berlebihan Terhadap Demonstran

"Partai Demokrat telah berjuang untuk menyampaikan aspirasi rakyat," ujar SBY, dalam keterangan tertulis dan tayangan video yang diterima Kompas.tv, Minggu (25/10/2020).
 
SBY mengatakan, meskipun Partai Demokrat kalah dalam memperjuangkan hadirnya undang-undang yang lebih baik dan mendapatkan dukungan rakyat lebih luas, dia berharap para kader Demokrat tidak menyerah.
 
Yang terpenting, lanjut SBY, Fraksi Partai Demokrat sudah menjalankan tugas dan tanggung jawab konstitusionalnya di parlemen.

Kepala Bakomstra DPP Partai Demokrat Ossy Dermawan menjelaskan bahwa kalah adalah hal biasa dalam sebuah perjuangan. 

"Seringkali pula, kekalahan itu adalah kemenangan yang tertunda,” kata SBY dalam pesan melalui video yang dibagikan Kepala Bakomstra DPP Partai Demokrat Ossy Dermawan, Minggu (25/10/2020).

Presiden ke-6 RI ini mendorong agar para kader terus berjuang. Perjuangan itu tentu dengan cara-cara yang baik dan tepat.

“Teruslah secara gigih memperjuangkan kepentingan rakyat, dengan cara-cara yang baik dan tepat, serta sesuai dengan konstitusi. 

Selamat berjuang, insya Allah Tuhan akan membimbing dan memberikan kekuatan kepada kita semua,” kata SBY.

Baca Juga: Politikus Demokrat Benny Harman Mengaku Diserang ‘Hantu’

Sementara itu Ossy mengatakan, pesan tersebut senada dengan apa yang disampaikan ketika SBY membacakan pidato perpisahan (farewell) sebagai Ketua Umum Partai Demokrat pada 15 Maret 2020 atau tujuh bulan lalu.

Dia berharap cuplikan video tersebut dapat menginspirasi dan memotivasi para kader dalam melanjutkan perjuangan ke depan.

Sebagaimana diketahui, Fraksi Partai Demokrat DPR walk out dalam rapat paripurna pengesahan RUU Cipta Kerja, Senin (5/10/2020). 

Demokrat menentang pengesahan undang-undang tersebut karena dinilai tergesa-gesa.

Keputusan walk out itu tejadi setelah anggota Fraksi Demokrat Benny K Harman tidak diberikan kesempatan menyampaikan pendapatnya saat melakukan interupsi.

Mikrofon politikus senior itu bahkan sempat dimatikan pimpinan DPR. 

Sikap inilah yang akhirnya memicu seluruh anggota Fraksi Demokrat keluar dari rapat paripurna.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x