Kompas TV nasional sapa indonesia

IDI: Otorisasi Vaksin Corona oleh BPOM Akan Keluar Desember

Kompas.tv - 26 Oktober 2020, 01:10 WIB
Penulis : Reny Mardika

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Satuan Tugas Kewaspadaan dan Kesiagaan Covid-19 dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Dokter Zubairi Jurban memperkirakan jika otorisasi penggunaan obat dalam kondisi darurat atau emergency use authorization oleh BPOM akan keluar Desember mendatang.

“Nah untuk mengeluarkan emergency use authorization ini, memang dibutuhkan banyak hal dan itu belum didapatkan oleh BPOM. Jadi mungkin sekitar akhir Desember baru selesai surat izin itu,” katanya Zubairi kepada KompasTV, Minggu (25/10/2020).

Sebelumnya Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkap vaksinasi virus korona akan tertunda.

Ini karena belum adanya otorisasi penggunaan obat dalam kondisi darurat atau emergency use authorization yang dikeluarkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Baca Juga: Vaksin Corona Mundur, KSP: Inspeksi Vaksin Sedang Diproses di Tiongkok

Pemerintah harus secara terbuka memastikan bahwa vaksin corona yang akan diberikan kepada masyarakat telah melalui uji klinis dan aman untuk digunakan.

Meski berlomba dengan waktu, harapan publik keamanan vaksin tetap jadi prioritas demi memberi asa baru melawan pandemi Covid-19.

Lalu apa yang menjadi kendala dari BPOM untuk mengeluarkan otorisasi tersebut?

Prinsip kehati-hatian apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam menerbitkan otorisasi tadi?

Simak pembahasannya bersama Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Dokter Brian Sri Prahastuti, serta Ketua Satuan Tugas Kewaspadaan dan Kesiagaan Covid-19 dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Dokter Zubairi Jurban.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x